Siswa Rentan Salahgunakan Obat Batuk dan Miras

MONEV : Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), saat menggelar Monev di SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, Jum'at (25/10) lalu.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang, menemukan fakta di hampir seluruh sekolah di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, ada sejumlah siswanya terindikasi menyalahgunakan obat batuk merk tertentu dan minuman keras (miras).

“Terakhir jum’at lalu, kami menggelar Monev ke SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, sekaligus melakukan tes urine dadakan ke sejumlah siswa di sana, hasilnya tetap ada yang positif mengkonsumsi obat batuk dan miras,” kata Kepala BNN Kabupaten Empat Lawang, AKBP Syahril SH melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Azhari saat dibincangi wartawan, Selasa (29/10).

Muat Lebih

Meski tidak terlalu mengejutkan bagi sejumlah kalangan, kata Azhari, adanya temuan ini semakin memperjelas bahwa perdagangan obat-obatan merk tertentu dan miras harus mendapat pengawasan lebih ketat dari pihak-pihak yang berkepentingan. Sebab, rawan disalahgunakan oleh anak-anak usia sekolah.

“Termasuk sekolah, guru-guru dan warga di sekitar sekolah, atau para pedagang, harus lebih perhatian terhadap anak-anak yang biasa membeli obat-obatan golongan tertentu,” ungkap Azhari.

Azhari juga mengatakan, pihak sekolah dan para orang tua harus pro aktif. Kantin sekolah juga diharapkan untuk tidak menjual makanan dan minuman yang dapat memicu terjadinya penyalahgunaan oleh anak-anak.

“Karena ini masalah kita bersama, sebab itu kepedulian kita semua dalam rangka melindungi anak-anak kita dari pengaruh-pengaruh negatif seperti itu,” ujarnya.

Memang, lanjut dia, obat batuk merk tertentu boleh dijual bebas. Namun perlu diingat jika obat-obatan itu diminum oleh anak-anak dengan dosis tertentu, efeknya bisa sama dengan Narkoba. Apalagi jika dikombinasikan dengan miras, tentu sangat berbahaya.

“Bukan hal yang tidak mungkin jika suatu waktu mereka dapat lebih jauh lagi menyalahgunakan obat-obatan bahkan ke arah penyalahgunaan Narkoba kedepannya,” tukasnya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : …
Redaktur : Agus Hubya Handoyo