SMAN 6 Lubuklinggau Fokuskan Kedisiplinan Siswa

TEKS FOTO - Agustunizar Kepala SMA Negeri 6 Lubuklinggau

SILAMPARI ONLINE

LUBUKLINGGAU
– SMA Negeri 6 Lubuklinggau memiliki cara khusus untuk membangun mutu sekolah dari guru maupun anak didiknya. Untuk membangun mutu dari guru maupun siswa pihak sekolah akan memberikan In House Training.

“Kalau untuk para siswa, kita lebih memfokuskan kedisiplinan mereka,”kata Kepala SMA Negeri 6 Lubuklinggau Agustunizar diwakili oleh Wakil Kurikulum Ria Yuniarti saat diwawancarai Harian Silampari.Jumat(20/9).

Muat Lebih

Kalau untuk minat dan bakat siswa, sekolah ini mempunyai beberapa ekstrakulikuler yang bisa diikuti untuk menyalurkan minat dan bakat.

“Sekolahan kita ini memiliki 7 ekstrakulikuler yang pertama itu Paskibra terus PMR, Pramuka, Rohis, Futsal, Bola Volly dan Seni, jadi anak-anak bisa mengembangkan bakat dan minat mereka di masing-masing,”jelasnya.

Lanjutnya, mereka sangat mendukung bagi pelajar yang mengikuti kegiatan di luar sekolah yang berkaitan dengan bakat. “Anak-anak kita ini ada yang mengikuti tim futsal diluar sekolah dan tim sepak bola, dan kami mengizinkan dan mendukung kalau ada even di luar sekolah,”ungkapnya.

Di tahun 2019 ini SMA Negeri 6 Lubuklinggau berhasil menambah prestasi dibidang non akademik maupun akademik. “di OSN kita mendapatkan dua Juara I yaitu di bidang Ekonomi dan Geografi tingkat Kota Lubuklinggau, untuk di paskibra kota tahun ini ada tiga orang dari ketiga itu ada satu yang menjadi pengerek dan yang terakhir itu Juara I dalam kejuaraan karate (Kejurda III) dan open turnamen FORKI di Banyuasin,”jelasnya.

Selain meningkatkan mutu SMA Negeri 6 Lubuklinggau juga menanamkan pendidikan karakter kepada anak didiknya. “Penanaman Pendidikan Karakter yang kami lakukan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah, contohnya Seperti membudayakan 5S (senyum, sapa,salam, sopan dan santun),”ujarnya

Tidak hanya membudayakan 5S, SMA Negeri 6 Lubuklinggau mengajarkan anak didiknya untuk menanamkan rasa cinta tanah air dengan pelaksanaan kegiatan upacara bendera, mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya serta menanamkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Pendidikan karakter ini dianggap penting, bukan hanya karena sesuai dengan tujuan pendidikan nasional tetapi sesuai dengan visi misi sekolah dan slogan SMA Negeri 6 Lubuklinggau yaitu cerdas,berakhlak, bisa,”ungkapnya.

Jadi diharapkan bagi siswa SMA Negeri 6 Lubuklinggau memiliki kecerdasan secara akademik dan non akademik serta memiliki akhlak yang baik dan bisa berkompetisi dan bersaing dengan sekolah lainnya.

“Untuk kendala dan tantangannya itu pasti ada, karena setiap melakukan perbaikan dan perubahan pasti ada tantangannya untuk merubah kebiasaan dan karakter siswa sehingga sesuai dengan tuntutan visi dan misi sekolah merupakan tantangan,tetapi dengan kerjasama semua unsur sekolah mudah-mudahan siswa-siswi SMAN 6 Lubuklinggau menjadi siswa yang memiliki karakter yang baik,”pungkasnya.

Laporan : Fahri (Harian Silampari)
Editor : Agus