SMAN 8 Gelar Pagelaran Seni

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : ELPAN/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>TARI : </strong>Kepala SMAN 8 Hj Sri Nuryatun Foto bersama anak didiknya yang akan tampil di pagelaran seni yng diadakan Selasa (22/1).

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU – Lembaga pendidikan, khususnya sekolah, memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah. 

Muat Lebih

Peranan lembaga sekolah tersebut dinilai sangat strategis karena pewaris seni dan budaya tersebut masih berusia muda. Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu.

Dan hal inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di sekolah yang dilaksanakan SMA Negeri 8 Model Lubuklinggau, Kemarin (22/1).

“Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing. Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia,”kata Kepala SMAN 8 Lubuklinggau Hj Sri Nuryatun kepada Harian Silampari.

Lanjutnya, Pegaleran seni ini upaya pihak sekolah memberikan wadah bagi pelajar untuk mengapresiasi seni, mengembangkan bakat dan mencintai seni budaya yang nantinya dapat berguna untuk kehidupan dimasa akan datang.

“Dengan harapan, setelah tamat, mereka mampu mengembangkan bakatnya melalui seni, karena orang sukses bukan hanya diukur menjadi PNS. Apalagi untuk menjadi PNS sulit, untuk itu anak-anak harus kreatif inovatif,”jelasnya.

Adapun pagelaran yang dipentaskan kemarin yakni tari tradisi,drama musikal , teatrikal puisi, pantomim dan seni silat.(HS-02)