SMKN3 LUBUKLINGGAU SALURKAN 1.256 KUOTA INTERNET GRATIS

Silampari online – Sebanyak 1.256 pelajar SMKN 3 Lubuklinggau sudah mendapatkan subsidi kuota internet gratis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Operator Sekolah SMKN3 LLG, Abdulah ketika diwawancari mengatakan subsidi kuota internet gratis dari Kemendikbud ini langsung otomatis masuk ke kartu perdana pelajar tersebut. Yang penting kondisi kartu perdana di Handphone (HP) pelajar tersebut aktif.

Kemudian ia mengatakan selain kartu tersebut aktif, kartu itu juga tidak berada dimasa tenggang dan bukan kartu perdana yang pasca prabayar. “Kalau ketiga syarat ini dipenuhi, maka kuota internet gratis tersebut akan masuk secara otomatis ke HP pelajar,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, untuk bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud itu, cuma ada lima operator yang sudah kerja sama, selain kelima operator itu tidak bisa. Adapun kelima operator itu yakni Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan Tri. “Kecuali lima kartu perdana ini, mereka meminta diubah,” ungkapnya.

 

Lebih jelas ia menjelasakan, kalau untuk pendataan pelajar kemarin, dikarenakan kondisi pandemik saat ini pihaknya memanfaatkan grup yang ada di wali kelas masing-masing. Jadi di grup tersebut lah pihaknya mendata nomor para pelajar untuk mendapatkan subsidi kuota internet gratis.

Kemudian kalau dikondisi pelajar tersebut tidak ada nomor HP dalam arti kata nomor pelajar tersebut ternyata ada yang masa tenggang. Oleh karena itu solusinya, pihak operator menyediakan kartu dan kartu tersebut didaftarakan sehingga pada saat pelajar tersebut kesini kartu ini sudah didaftarkan dan terisi serta langsung bisa digunakan.

“Kuota internet ini 37 GB nya untuk pembelajaran dan 5 GB nya untuk internet umum. Berlaku selama 30 hari dan bantuan ini sampai dengan Desember,” jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah pelajar yang menerima subsidi kuota internet gratis ini 1.256 pelajar. Dari jumlah pelajar tersebut untuk saat ini yang belum menerima berjumlah 27 pelajar, dengan kendala kartu perdananya akan didata kembali pada awal Oktober nanti.

Pihaknya berharap dengan adanya kartu ini, semoga kendala selama ini bisa teratasi dan semangat pelajar tersebut bertambah.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Lubuklinggau, Puguh Purnomo menambahkan tentunya dengan adanya fasilitas dari Negara dan pemerintah ini para pelajar tersebut lebih giat lagi belajar dan bisa menerapkan materi yang diberikan oleh setiap guru mata pelajaran. (*)

Jurnalis silampari online : Rah jainal