SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Adakan Lomba Kepramukaan

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tebing tinggi mengadakan lomba dalam rangka memperingati hari ulang tahun (Hut)  Praja Muda Karana (Pramuka) yang ke-58 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 1 Tebing Tinggi, Setyo Haryono melalui kakak pembina Pramuka, Lidia Kusuma  saat dibincangi wartawan, Kamis (15/8/2019). “Iya, benar acara ini masih dalam suasana Hut Pramuka yang ke 58, kami gugus depan 0067-0068 mengadakan lomba antar kelas di halaman depan SMPN 1 ini,” kata Lidia.

Masih dikatakan Lidia, lomba antar kelas tersebut terbagi menjadi dua kategori yaitu Pionering dan lomba Latihan Baris berbaris. “Ada dua ketegori yang kita perlombakan hari ini yaitu untuk kelas delapan dan sembilan itu lomba pionering yaitu salah satu tekhnik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, dan lomba LTBB untuk anak kelas tujuh dengan total ada 22 kelas yang mengikuti lomba ini,” jelasnya.

Lanjutnya, dari lomba tersebut nanti tim penilaian akan menilai berbagai kriteria yang telah ditentukan diantaranya kekompakan dan kerapian para peserta lomba. “Untuk pionering yanh menjadi penilaian kita ialah yang pertama kekompakan peserta masing – masing 3 orang dalam membuat tandu, hqng kedua kita nilai skil dalam membjat simpul kerapian serta kekuatan simpul tersebut dan yang ketiga kita nilai waktunya, karena dalam temlo 5 menit apapun bentuk nya para peserta harus selesai itu sesuai dengan standar Provinsi, begitu juga dengan LTBB kita nilai kekompakan mereka dalam baris berbaris,” jelasnya.

Suasana lomba Kepramukaan di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi, Kamis (15/8/2019). Foto : Diah Anggraini.

Untuk hadiah sendiri pihak sekolah sudah menyiapkan berbagai hadiah sebagai motivasi para peserta agar semangat dalam berlomba dan menjunjung sportivitas,”karena lomba in masih skala internal SMPN 1 jadi hadiah kita sesuaikan dengan anggaran sekolah berupa buku dan pena,” tuturnya.

Masih dikatakan Lidia, untuk prestasi sendiri SMP N 1 sudah banyak pengalaman baik di dalam kabupaten maupun ketingkat Nasional tim gugus depan dibawah binaannya sudah pernah menjadi perwakilan.

“Alhamdulillah, kita sudah pernah ikut latihan gabungan (Latgab) ke kabupaten Musi rawas mewakili sekolah sekabupaten, dan Kepolda Sumselewakili Polres empat lawang serta kita juga pernah ikut jambore tingkat nasional,” tukasnya. (KHS-05)