oleh

Soroti Warga yang Belum Terekam e-KTP

-Tak Berkategori-377 Dibaca

□ Reses Anggota Dewan Dapil IV

Beberapa hari yang lalu, anggota DPRD Empat Lawang, daerah pilihan (Dapil) IV Empat Lawang, menggelar reses. Apa yang ditemukan anggota dewan di Dapil ini, berikut liputannya.

Laporan : Oci/Empat Lawang

DAPIL IV Empat Lawang, meliputi Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker).

Ada 8 (delapan) anggota DPRD Empat Lawang yang berasal dari dapil ini, antara lain Joni Riko dari Partai Nasdem, Indra Farazak dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Makmun dari PDI Perjuangan, Windera Safri dari Partai Golkar, Iskandar Harun dari Partai Golkar, Hj Evi Marlini Aljufri dari Partai Golkar, Asmaniah dari Partai Demokrat dan Ripana Suripno dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Kamis (29/3) lalu, sejumlah anggota DPRD Empat Lawang dari dapil ini, menggelar reses, tentu saja untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat.

“Iya, Kamis minggu belakang, kami menggelar reses. Ada banyak yang kami serap, namun yang paling kami soroti, ternyata masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP,” ujar Joni Riko, anggota DPRD Empat Lawang, dari Fraksi Nasdem saat dibincangi Harian Silampari, Rabu (4/4).

Dirinya meyakini, ada sekitar 50 persen warga di dapilnya yang belum ikut perekaman e-KTP. Hal ini tentu saja menjadi catatan pihaknya, sebab dalam waktu dekat bakal ada agenda nasional, pemilukada serentak. “Waktunya sangat sempit, pelaksanaan pemilukada serentak itu dilakukan pada tanggal 27 Juni mendatang, sementara saat ini sudah awal bulan April. Jadi, sangat banyak warga yang terancam hilang hak pilih karena belum rekaman e-KTP,” ungkapnya.

Tentu saja kata dia, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), diharapkan dapat segera menyikapi ini dengan serius, agar hak-hak masyarakat tidak terabaikan. “Alangkah baiknya agar segera jemput bola, untuk melakukan perekaman,” harapnya.

Persoalannya sebenarnya lanjut dia, terletak pada kondisi sosial masyarakat itu sendiri. Banyak masyarakat yang malas melakukan perekaman, karena perekaman hanya bisa dilakukan di kantor Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, yang jaraknya dari tiga kecamatan dalam wilayah dapil-nya cukup jauh.

“Masyarakat yang umumnya bertani dan berkebun, sangat sulit jika harus melakukan perekaman ke Tebing Tinggi. Di sisi lain, mereka harus memiliki biaya jika harus ke Ibukota kabupaten, terutama untuk transportasi dan akomodasi,” cetusnya.

Pada dasarnya lanjut dia, kebutuhan akan kartu identitas, merupakan kebutuhan dasar warga negara. Tidak hanya untuk memilih saat pilkada, e-KTP juga sangat diperlukan saat masyarakat tersebut butuh pelayanan keaehatan, perbankan, pendidikan dan sebagainya.

“Jika mereka tidak pernah melakukan perekaman, banyak hak-hak mereka selaku warga negara, terancam tidak didapatkan,” tukasnya. (*)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel