Sosialisasi Esktrakurikuler Pramuka

  • Whatsapp

Silampari Online

LUBUKLINGGAU- Bertempat di SMP Negeri 5 Model Lubuklinggau, Jumat (2/8) kemarin dilaksanakannya sosialisasi ekstrakurikuler pramuka “Pembinaan dan pengelolaan gugus depan pramuka berpangkalan di sekolah”.

Bacaan Lainnya

Kepala SMPN 5 Lubuklinggau Anita ketika diwawancarai Harian Silampari mengatakan sudah menjadi tanggung jawab sekolah untuk menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Apalagi, tuntutan generasi bangsa ke depan yang harus berkarakter, berbangsa, dan berkecakapan menjadi sorotan utama pendidikan di Indonesia.

Lanjutnya, di sisi lain, penguatan pendidikan karakter di sekolah harus menjadi titik sentral dalam pembinaan yang terintegrasi ke dalam budaya sekolah sehingga diperoleh prestasi belajar siswa yang utuh antara sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

“Pendidikan Kepramukaan bertujuan membina kaum muda menjadi generasi yang sehat dan kuat jiwa raganya, terpuji karakternya, kokoh kebangsaannya, dan mumpuni keterampilannya. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk itu, diperlukan pembinaan yang terus-menerus bagi pendidikan Kepramukaan di sekolah sebagai wahana pelengkap pendidikan formal,”jelas Anita.

Gugus Depan sebagai rumah bagi peserta didik mengembangkan jiwa-raga, karakter, kebangsaan, dan keterampilan hidup perlu didorong dan dikembangkan secara terus menerus. Hal ini sebagai upaya untuk mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional yang sinergi dengan pembinaan peserta didik melalui pendidikan Kepramukaan.

Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah memiliki karakteristik khusus dalam pengelolaannya. Meski telah terdapat petunjuk penyelenggaraan Gugus Depan yang diterbitkan oleh Kwartir Nasional, masih diperlukan panduan pengelolaan Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah untuk melengkapi atau memfokuskan panduan hanya pada Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah.(HS-02)