Stop Pelayanan Kartu Kuning

Kabid Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, Joni Verdi.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Pelayanan pembuatan kartu pencari kerja (AK1) atau yang biasa disebut kartu kuning, di Dinas Koperasi, UMMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, ditutup sementara, teruatama pelayanan tatap muka.

Kepala Dinas Koperasi, UMMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah melalui Kabid Tenaga Kerja, Joni Verdi mengatakan, dinasnya sudah menutup pelayanan tatap muka pembuatan kartu kuning, sejak ditetapkannya status siaga Covid-19, lalu.

Bacaan Lainnya

“Jadi, kalau ada yang ingin membuat AK1, kita masih melayani, tapi tidak dengan pelayanan tatap muka. Kebetulan juga, yang mengajukan permohonan kartu kuning saat ini, juga tidak ada,” terang Joni.

Pihaknya sebut Joni, masih mencari jalan bagaimana tekhnisnya pelayanan via online pembuatan kartu kuning. Salah satu opsi yang akan dilaksanakan adalah dengan pemohon mengirimkan dokumen hasil scan dan dinasnya juga mengirimkan kartu kuning juga dalam bentuk dokumen pdf dan mencetak sendiri kartu kuning tersebut.

“Intinya itukan tercatat di kita. Saat ada perusahan yang bertanya apakah benar yang bersangkutan sedang mencari kerja, kita bisa benarkan itu,” ujarnya.

Disampaikannya, hingga saat ini kondisi TKW TKI asal Empat Lawang, yang bekerja di luar negeri masih terpantau aman. Dinasnya lanjut Joni, terus melakukan pemantauan kondisi TKW TKI yang berada di luar negeri tersebut, sampai kondisi darurat Covid-19 berakhir.

“Kita terus mengimbau mereka agar mematuhi otoritas setempat agar tetap aman dan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. (frz).