Sudah Tiga Bulan PJU Pasar Tebing Tinggi Mati

MATI : PJU kawasan sepanjang Jalan Abu Bakardin Pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang terlihat mati, Minggu (18/2). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang Jalan Abu Bakardin Pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, beberapa bulan terakhir ini tidak lagi menyala. Padahal, selama ini lampu tersebut befungsi dengan baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Sudah lebih dari tiga bulan, lampu jalan ini mati semuanya. Kalau dulu semuanya hidup dan kami sangat terbantu oleh lampu jalan ini. Kalau sekarang, tengoklah sendiri, gelap. Yang ada lampu-lampu dari toko dan rumah penduduk saja yang hidup,” ungkap Arnan, salah seorang pendagang di Pasar Tebing Tinggi, baru-baru ini.

Muat Lebih

Keluhan juga disampaikan warga lain. Menurut mereka, setiap bulan ada iuran yang harus dibayar untuk PJU tersebut. Namun dia mengaku tidak tahu mengapa PJU di sepanjang jalan di tengah jantung Ibukota Empat Lawang tersebut tidak lagi menyala setiap malamnya.

“Kami tidak tahu apa penyebabnya. Sebagai masyarakat kecil, kami hanya pasrah saja dengan keadaan ini. Padahal setiap bulan lampu jalan itu kami bayar terus,” keluh salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya.

Manager PLN Ranting Tebing Tinggi, Dairobi saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, dalam hal PJU, tugas PLN hanya sebatas mamastikan aliran listrik tersambung ke jaringan PJU saja. Selebihnya adalah tugas dari Pemkab Empat Lawang.

“Dapat kami pastikan tidak ada masalah dengan aliran listrik PLN ke PJU Pasar Tebing Tinggi tersebut. Tugas kami hanya sampai disitu, sebab Perawatan dan pemeliharaan PJU ada pada Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Empat Lawang,” terang Dairobi, Senin (17/2).

Saat disinggung apakah kondisi padamnya PJU tersebut ada kaitannya dengan tunggakan pembayaran rekening PJU, Dairobi mengakui bahwa memang saat ini Pemkab Empat Lawang mempunyai tunggakan PJU yang belum dibayar.

“Memang beberapa bulan ini, Pemkab Empat Lawang belum membayar tunggakan PJU ke PLN, kami sudah menghubungi kepala Dinas Perkim, tapi belum ada realisasinya,” ujar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Empat Lawang, Ismail Hakim melalui Kabid Perumahan, Anzar Ibrahim mengatakan, saat ini mereka sedang mencari letak permasalahannya.

“Kami sudah menerima laporan tersebut, tapi saat ini kami sedang menelusuri letak permasalahannya. Makanya kami belum dapat memastikan kapan lampu tersebut hidup kembali,” tukasnya. (frz)