Sungai Senaro Meluap, Dua Desa Terkena Banjir

SILAMPARI ONLINE, Musi Rawas-Sedikitnya 12 rumah dan satu pondok pesantren di Kecamatan Megang Sakti,Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengalami kebanjiran, Rabu (22/1/2020).

Rumah yang terdampak banjir berada di dua desa yakni Desa Megang Sakti III dan Megang Sakti IV. Banjir yang melanda dua desa tersebut akibat luapan Sungai Senaro.

Muat Lebih

Kepala Badan Penanggulangan Bemcana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, Paisol mengakui pihaknya telah melakukan pengecekan dan monitoring lokasi terjadinya banjir. Hasil monitoring banjir terjadi akibat luapan Sungai Senaro yang melalui Desa Megang Sakti V dan Megang Sakti III.

“Curah hujan tinggi serta dangkalnya sungai senaro menyebabkan  air meluap dan  banjir,”katanya.

Bahkan, lanjutnya, ketinggian air sampai 50 centimeter (cm) di Ponpes yang berada di wilayah Desa Megang Sakti V. Banjir menyebabkan dapur dipindahkan di areal depan dan asrama juga dipindahkan di ruangan lain, karena terendam banjir.

“Kondisi air saat ini sudah surut. Namun masih ada beberapa titik yang tergenang dengan ketinggian air sekitar 10 cm. Tapi, hal itu tidak mengganggu proses belajar mengajar di Ponpes, karena yang masih banjir dilokasi dapur,”jelasnya.

Begitupun dengan banjir yang terjadi di Desa Megang Sakti III,  walaupun ketinggian air sempat mencapai 70 cm namun sekarang sudah turun hingga 20 cm.

Pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat, terutama yang tingal di Daerah Aliran Sungai (DAS), untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Kemudian, ketika mengalami banjir, segera memberi informasi ke petugas BPBD Mura, untuk melakukan upaya evakuasi atau langkah selanjutnya. 

Sumber : sumselupdate.com