oleh

Tak Mampu Bayar Biaya, Jenazah Asal Musi Rawas Ditahan Rumah Sakit

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Nasib malang dialami keluarga Wakidin warga Dusun 1 Desa Madang Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas (Mura). Pasalnya jenazah anaknya Agus Trianto (17) yang meninggal setelah menjalani operasi karena kecelakaan lalulintas (Lakalantas) tak dapat dibawa pulang akibat belum dapat membayar biaya rumah sakit (RS).

Saat di temui Silampari Online di kediamannya, Minggu (23/5/2021) Wakidin menceritakan bahwa jenazah anaknya tersebut ditahan pihak rumah sakit swasta Lubuklinggau, Sabtu (22/5/2021) karena harus melunasi biaya operasi almarhum sebesar Rp11 juta.

“Saya harus melunasi biaya operasi almarhum sebesar Rp11juta ditambah biaya anbulance Rp750ribu. Baru jenazah anak saya di perbolehkan pulang,”kata Wakidin.

Dikatakan ia, setelah sempat ditahan pihak RS selama kurang lebih empat jam akhirnya jenazah anaknya dapat pulang dengan jaminan motor milik tetangganya dan ia harus membuat pernyataan  menyelesaikan administrasi paling lambat besok (hari ini) Senin (24/5/2021).

Ia menambahkan, terpaksa berobat ke
Rs Swasta Lubuklinggau dengan fasilitas umum karena BPJS KIS dari Pemerintah yang ia bawa menurut keterangan pihak RS sudah tidak dapat digunakan. Sehingga, dalam kondisi panik karena melihat kondisi anaknya supaya segera mendapatkan pertolongan maka ia memutuskan untuk memilih biaya perawatan umum, meski dalam benaknya ada rasa khawatir tidak mampu membayar namun yang namanya orang tua tentu tidak tega melihat kondisi anak dalam keadaan darurat.

Sementara itu, Nawawi salah satu warga Desa Madang yang juga merupakan tokoh adat Desa tersebut menjelaskan, bahwa kondisi keluarga tersebut memang tergolong keluarga yang tidak mampu. Bahkan, tempat tinggal yang mereka gunakan saat ini masih menumpang di tanah warga setempat, kemudian untuk mata pencaharian hanya seorang buruh harian lepas yang tidak memiliki penghasilan tetap.

“Saya cukup bisa merasakan dengan musibah yang dialaminya saat ini pasti sangat berat dengan adanya tanggungan biaya RS tersebut, untuk itu saya berharap kiranya ada perhatian dari pihak Pemerintah supaya dapat membantu,”pungkasnya. (Musyanto)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel