Tanggap Covid-19, Pulpa Bangun Posko Perbatasan

SILAMPARI ONLINE,

MUSI RAWAS, – Untuk mencegah penyebaran Covid-19, atau yang lebih dikenal virus Corona, Desa Pulau Panggung (Pulpa), Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) membangun posko relawan tanggap virus Corona diperbatasan desa. Posko yang dijaga 24 jam oleh 50 orang relawan tersebut dibagi menjadi dua ship.

Bacaan Lainnya

“50 relawan kita berasal dari banyak kalangan, mulai dari kesehatan, tokoh masyarakat, BPD, babinsa, bhabinkamtibmas, pendamping desa. Dan mereka menjaga secara bergantian sesuai ship,” kata Rozali, kades Pulau Panggung.

Dirinya juga menjelaskan, jika posko tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sehingga setiap orang yang datang dari luar akan diperiksa dengan cara mengecek suhu tubuh mereka.

“Setiap yang lewat posko ingin masuk ke Pulpa, pasti kami cek suhu tubuhnya, terutama orang yang datang dari luar wilayah, terutama yang baru pulang dari merantau,” jelasnya.

Sementara, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pulau Panggung, Yazit Bustomi, atau yang akrab disapa Boy, mengungkapkan jika warga desa Pulau Panggung yang baru pulang dari merantau telah melakukan isolasi mandiri.

“Mereka telah melakukan apa yang telah kami sosialisasikan, dan mereka juga telah memasang pencuci tangan disetiap rumah, dan selalu memakai masker yang telah kami bagikan serta selalu meyemprot rumah dengan wipol atau desinfektan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Boy menuturkan kalau di desanya ada 8 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang baru pulang dati wilayah zona merah.

“Kita terus pantau perkembangan mereka, dan alhamdulillah sampai saat ini mereka sehat. Kami juga akan terus berjaga di posko, karena masih banyak warga kami yang belum pulang dari rantauan,” tutupnya.(Shahudi)