oleh

Target Penyerapan DAK 2018 Meningkat

-Tak Berkategori-264 Dibaca

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Target penyerapan dana alokasi khusus (DAK) 2018 di Kabupaten Empat Lawang, diharapkan dapat meningkat dari tahun sebelumnya. Jika 2017 lalu target penyerapan sebesar Rp162,657,516,000.00, tahun ini diharapkan lebih besar lagi, yakni sebesar Rp192,101,649,000.00.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Empat Lawang, Leo Efriansyah melalui Sekretaris DPKAD Empat Lawang, Hendra Lezi didampingi Kabid Anggaran DPKAD Empat Lawang, Hafizu menerangkan, sejak 2017 lalu, mekanisme pencairan DAK dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, tidak lagi berbetuk gelontoran. “Pencairan DAK saat ini sudah harus menyertakan nomor kontrak pihak ketiga pelaksanaan pekerjaan. Jika tidak disertakan, DAK tidak bisa dicairkan,” ungkap Hafizu saat dibincangi Harian Silampari di Tebing Tinggi, Jum’at (23/3).

Dia mencontohkan, dalam satu tahun anggaran, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, menganggarkan suatu pembangunan fisik yang anggarannya bersumber dari DAK. Namun, karena keterlambatan penagihan, membuat proyek pembangunan fisik otomatis tidak bisa dibayar menggunakan DAK. “Sudah barang tentu, pembayaran proyek fisik tersebut menjadi terhutang. Daerah tidak mungkin membayar, karena tidak mungkin dibebankan ke APBD pada satu tahun anggaran itu,” terangnya.

Sebenarnya, lanjut dia, jumlah nilai DAK suatu daerah, sudah diketahui sebelum tahun anggaran berjalan. Jika suatu proyek tidak disetujui oleh DPRD, proyek tersebut cukup dicoret saja. “Ini artinya, antara bulan Februari tahun anggaran berjalan, proyek pembangunan yang anggarannya bersumber dari DAK, sudah dapat ditenderkan dan siap dikerjakan,” imbuhnya.

Karena itu lanjut dia, pihaknya berharap OPD terkait, dapat bergerak cepat agar penyerapan DAK 2018 dapat maksimal dan seminim mungkin masalah. “Sebab, adanya masalah pada pelaksanaan pekerjaan yang bersumber dari DAK, itu akan mempengaruhi kucuran DAK tahun berikutnya.(HS-04)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel