Telkomsel di Sumatera Down, Ini Penyebabnya

SILAMPARI ONLINE,

Dunia Siber berisik. Ini lantaran layanan Telkomsel terganggu sejak Selasa (11/8) sekira pukul 15.00 WIB. Sindiran sampai meme yang mengandung kritik pun dilontarkan beragam cara.

Bacaan Lainnya

Insiden terganggunya layanan Telkomsel, dampak dari kebakaran Gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yang mengakibatkan lumpuhnya jaringan ke pelanggan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
”Penjelasan singkat kenapa 1 gedung terbakar namun seluruh #telkomsel di Sumatera down,” twite @rinaldiis, seraya mentag gambar peta jaringan.

”Telkomsel jaringan down satu sumatra? beneran? sabar ya sahabat telkom sekalian,” sambung choco pemilik akun @extrasweett yang menyertakan gambar insiden di lokasi kejadian.

Sementara yang lain seperti dear diary dengan akun @echaelsara, juga mengekspresikan kekesalan yang diungkapkan secara halus. ”Ketika sinyal #telkomsel hilang, me…” ujarnya yang disertakan meme bergambar spongbob.

Sontak kritik nitizen pun akhirnya mendapat tanggapan dari Manajemen Telkomsel. Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam keterangannya di Medan, Selasa (11/8) malam, mengatakan kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, membuat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera.

Jaringan Telkomsel baru bisa digunakan Selasa (11/8), sekitar pukul 23.00 WIB. ”Manajemen meminta maaf kepada seluruh pelanggan atas gangguan komunikasi itu,” tuturnya.

Manejemen Telkomsel juga berterima kasih dengan Telkom Grup yang berupaya maksimal dalam percepatan proses pemulihan layanan yang terdampak. ”Manajemen minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami juga mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel,” ujar Denny Abidin.

Sinyal Telkom dan Telkomsel di Kepri mulai sekitar pukul 15.00 WIB dan sampai sore ini belum pulih. Warga yang menggunakan kartu operator Telkomsel terpaksa membeli kartu perdana baru dari operator lain. ”Orang-orang terpaksa beli kartu baru,” katanya.

Gedung HPBB berlokasi di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru. Berdasarkan prasasti yang tertera di depan bangunan tersebut, Gedung HPBB Telkom Kandatel Riau Daratan diresmikan oleh Direktur Bisnis Jasa Telekomunikasi Telkom, Garuda Sugardo, pada April 2020. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, karena bangunan tiga lantai itu berisi peralatan dan piranti penting milik Telkom.

”Sempat terdengar tiga sampai empat kali suara seperti ledakan ketika api mulai membesar di lantai dua gedung,” kata saksi mata, Sylvia yang bekerja sebagai Ketua Tim Grapari Telkomsel Pekanbaru.

Ia mengatakan kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 14.30 WIB. Seluruh pegawai langsung diminta untuk meninggalkan gedung. Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru terlihat mengerahkan tiga mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Api bisa dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian. (oke/beb/siberindo.co)