Tembok penahan Tebing Bailangu Terancam Roboh

Silampari Online

Musi Bamyuasin.- Tembok Penahan Tebing Jalan Betung -Sekayu Lintas temgah Propinsi di dusun 1 Desa Bailangu Timur , kecamatan Sekayu, Kabupaten Banyuasin, teramcam roboh.

Muat Lebih

Berdasarkan Pantauan wartawan ini dilapangan, jumat(27/9/2019)terlihat disekitar Tembok penahan tebing sepanjang 20 Meter dalam beberapa minggu ini ada kegiatan penimbunan pasir dilokasi tembok penahan tebing. Dan kondisi badan jalan dekat tembok juga terlihat retak-retak panjang. Diduga karena beratnya timbunan akhirnya tembok penahan tebing tidak bida menahat beban berat akhirnya sudah miring ke arah sungai,dikuwatirkan kli tidak ditanggapi oleh pihak dinas terkait ini akan terancam roboh.

Salah satu warga dusun 1 desa Bailangu Timur, yang tidak menyebutkan namanya mengatakan, bahwa proyek pembangunan di lokasi ini sudah tiga kali proyek pembangunan tembok penahan Tebing tersebut, sepengetahun saya dimana baru selesai dibangun proyek penahan tebing dilokasi itu tahun lalu juga roboh, lalu dibangun lagi oleh PU dengam agaran cukup besar mencapai puluhan miliar, pelaksana pengerjaan terkesan hasal jadi saja,” kantanya.

Camat sekayu Marko Susanto, melalui Kades Bailangu Timur, Marbudi saat dikonfirmasi dikantornya membenarkan adanya bangunan turap penahan jalan ke sungai yang menunggu tigal robohnya saja.

” Kita sudah melaporkan dan mengusulkan dengan camat bahwa bangunan tembok penahan tebing jalan ke sungai didusun 1 desa bailangu timur rawan longsor, karena ditepat terdapat patahan atau perputaran air sungai, sehingga walau dibangun tembok penahan tebing masih akan roboh juga,” ujarnya.

Lanjutnya, juga waktu ada kunjungan DPRD propinsi meninjau bangunan Proyek tersebut, kita sampaikan juga pada anggota dewan agar dibuat jalan baru sepanjang 2 KM yang sudah dibebaskan 20 tahun lalu, sudah ditimbun tinggal dibangun saja, dari pada tiap tahun di anggarkan untuk hanya buat turap penahan tebing pengerjaan juga tidak maksimal, terkesan mubazi saja,” jelasnya.

Berharap dengan pemerintah baik pusat, propinsi dan kabupaten, jangan terkesan pembangunan proyek asal jadi dan mubazir menghabiskan uang rakyat ratusan meliyar untuk proyek pemnangunan penahan tebing ini, alangkah baiknya di anggarkan untuk buat jalan baru yang bebas dari longsor,” tegasnya.(Heri)