oleh

Tempat Pembuangan Akhir Sampah Over Kapasitas

Silampari Online – Daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berada di Desa Minang Baru, Kecamatan BP Peliung telah mengalami over kapasitas. Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fauzi Bakrie melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Suhaimi. Hingga kini belum ada penambahan lokasi pembuangan akhir sampah oleh pemerintah
“Untuk daya tampung TPA sampah saat ini sudah mengalami over kapasitas karena lahan yang di miliki sudah tidak memcukupi,” katanya.
Bahkan, bulan ini volume sampah di Bumi Sebiduk Sehaluan meningkat. Dimana sampah yang terangkut di Kecamatan Martapura ke Tempat Pemberosesan Akhir Sampah mencapai 50 meter kubik perhari atau sekitar 20 ton perhari.
“Volume sampah ini meningkat dari awal Puasa hingga lebaran. Penyebab volume sampah meningkat karena banyak pedagang musiman belum lagi tambahan sampah sampah rumah tangga yang juga meningkat,” jelasnya.
Dikatakan, untuk wilayah Kecamatan Martapura Dinas Lingkungan Hidup menerjunkan 8 armada pengangkut sampah di Kecamatan Martapura. “Seluruh armada pengangkut sampah ini bekerja setiap hari. Untuk cara pengakutan sampah dilakukan setiap armada dua ret perhari,” jelasnya.
Untuk pengelolaan sampah yang ada di Tempat Pemberosesan akhir sampah dilakukan secara kontrol rentil serta adanya proses pemilahan sampah organik dan an organik.
“Untuk sampah organik diproses menjadi pupok kompos yang akan kita gunakan untuk pemupukan taman-taman yang ada di OKU Timur. Dari pemerosesan sampah menjadi pupuk kompos ini perhari bisa menghasilkan 15 kilo pupuk kompos,” pungkasnya. (clau)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel