Temukan Kepala Arca di Pagun

Foto: ist PENEMUAN : Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat kembali ditemukan peninggalan situs Megalit, yang berada di Desa Lesung Batu.


SILAMPARI ONLINE
– Di Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat kembali ditemukan peninggalan situs megalit yang berada di Desa Lesung Batu. Staf Khusus Bupati Lahat sekaligus Ketua Panoramic of Lahat, Mario Andramatik mengatakan, pihaknya mengetahui hal tersebut berdasarkan tinjauan kelokasi serta informasi dari masyarakat Desa Lesung Batu. “Kami ke Desa Lesung Batu pada tahun lalu untuk melihat air terjun, kemudian kami kesini (Desa Lesung Batu) lagi pada bulan Agustus lalu, sesampai di Desa Lesung Batu kami bertanya dengan warga, katanya ada batu berupa kepala arca. Selanjutnya kami langsung meninjau lokasi tersebut, dan kami melihat kepala arca tersebut,” ujarnya, kemarin.

Lanjut Mario mengatakan, pihaknya pun kembali menanyakan kepada warga tentang peninggalan situs megalit lainnya di desa tersebut. “Hamlan selaku warga desa yang kami temui menunjukkan temuan lainnya, seperti lumpang batu di belakang rumahnya, batu babi tapi bagian kepala sudah hilang, dan lumpang batu lainnya. Jadi rincian penemuan megalit tersebut yakni 8 lumpang batu, arca, kepala arca di bagian selatan Desa Lesung Batu, kemudian di bagian utara ada arca manusia, lumpang batu dan menhir,” ucap Mario.

Muat Lebih

Atas penemuan megalit tersebut, pihaknya langsung mengajak tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi dan tim dari pemerintah pusat untuk melihat secara langsung peninggalan situs megalit di Desa Lesung Batu.
“Iya, tim tersebut kemarin kami ajak untuk melihatnya ke lokasi. Jadi total situs megalitik di Lahat sekarang ada 47 situs,” ujarnya, kemarin.

Pihaknya berharap dengan temuan baru ini, agar dapat segera dilakukan penyelamatan.
“Karena dikhawatirkan diganggu orang yang tak bertanggungjawab, seperti info dari warga ada arca kerbau besar dan sekarang sudah hilang pada waktu pembuatan jalan. Jadi upaya penyelamatan jangan menunggu pemerintah pusat. Pemerintah daerah juga bisa melakukan penyelamatan dengan melakukan pengangkatan juru pelihara, agar situs terjaga dan terlindungi,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Pagar Gunung, Iskandar Jumaldi membenarkan bahwa ada penemuan kembali situs megalit di wilayahnya. “Iya benar, kami melakukan pendampingan bersama Ketua Panoramic of Lahat dan Tim BPCB Jambi dan Tim dari pemerintah pusat untuk tinjau lokasi keberadaan megalit tersebut,” ujarnya.

*sumber : Lahat Pos