Tentukan Spot, Angle, Baru Berfoto

Dengan Sudut dan Lokasi yang tepat, Hail foto akan lebih tampak hidup dan keren

Silampari Online,

SEBAGAI kaum milenial Misbach Ilmawan Misfari sangat suka dengan dunia seni, mulai dari seni musik, seni bela diri, namun ada satu yang sangat menarik perhatiannya dari dulu yaitu seni photografer.

Muat Lebih

Kenapa dirinya lebih tertarik dengan seni ini, karena bisa berbagi keceriaan dan pengalaman melalui sebuah foto kepada teman, saudara dan kerabat bahkan kepada orang yang belum dikenal sekalipun.

Misbach mulai mengenal dunia foto dari kelas 1 SMP, saat itu dirinya melihat di facebook banyak foto-foto yang menurutnya bagus dan ingin sekali ia tiru.

Hanya saja, kendalanya dia belum memiliki kamera handphone yang bagus seperti saat ini. Pengalaman itu membuat semangatnya tinggi dan ingin mendalami dunia foto.

“Saya mulai belajar editing dan mulai sesekali menyewa kamera DSLR dan juga minjam kamera teman. semua usaha tersebut membuahkan hasil hingga kini banyak karya saya yang sudah saya unggah di laman Instagram hampir semua likenya di atas seribu dan saya sangat puas akan hal itu,”jelas Misbach.

Dirinya mengajarkan beberapa tehnik untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Sebelumnya, mencari spot (titik) dulu atau lokasi berfoto. Mencari di intagram maupun searching di goggle, baik juga untuk referensi.

Setelah menemukan tempat dirasa keren, barulah mencari angle (sudut) dan mulai berfoto.

“Saya suka foto di outdoor tepatnya di alam bebas, karena alam bebas menciptakan gambar yang sangat baik dan murah, kita tidak perlu repot repot menyiapkan lighting, karena dengan cahaya matahari saja sudah cukup. Menurut saya sesi foto terbaik itu ketika jam 4 sore karena pencahayaannya bagus dan tidak terlalu panas,”jelasnya.

Sebelum berfoto, biasakan berdoa dulu agar cuaca mendukung. Lalu persiapkan kamera Mirroles/DSLR dan tripot, kalau tidak ada kamera , HP pun jadi sebab kamera Hp sekarang sudah canggih banyak fitur fitur yang dikasih mulai dari bookeh dan beauty camera bagi yang suka selfie.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan saya foto berkali kali biasanya satu spot itu bisa foto sampai 5 bahkan 10 kali ya bukan apa-apa karena biasanya 1 kali foto itu ga terasa.

Setelah mengambil foto baru lah dipilih mana yang terbaik dari yang terbaik , selanjutnya diproses untuk di edit saya menggunakan aplikasi PhotoScape dan VSCO, proses editing tidak memakan waktu yang begitu lama hanya sekitar 15 menit.

Saya hanya memberikan sedikit efek filter dan mengcrop tidak sampai mengubah wajah menjadi putih atau menambah ganteng karena pada hakekatnya saya sudah ganteng dari lahir, setelah itu baru lah saya upload di laman instagam saya @misbachmisfari,”kata Misbach seraya tertawa.

Untuk berpakaian harus menyesuaikan tempat dan tema, harus mecing dengan suasana karena hal tersebut dapat mendukung tingkat kebagusan foto. Misal foto digunung harus menyesuaikan, pakailah pakaian ala ala survival atau advanture.(HS-02)