Terminal Kembali Dioperasikan

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kepala Dishub Kabupaten Mura, Adi Winata

Silampari Online,

MUSI RAWAS- Terhitung awal Januari 2019, setidaknya keberadaan dua fasilitas terminal angkutan umum berada Pasar Tradisional B Srikaton Tugumulyo dan terminal Pasar Muara Lakitan segera beroperasi. Dimana, dioperasikannya dua terminal ini sesuai kebijakan untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Muat Lebih

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Adi Winata mengatakan, bahwa sesuai evaluasi terhadap hasil capaian realisasi PAD Dishub tahun 2018 dan mempertimbangkan potensi yang ada. Maka ditahun 2019, pihaknya telah menyiapkan berbagai program salah satunya mengefektifkan keberadaan dari pada fasilitas terminal yakni terminal pasar tradisional B Srikaton dan terminal Pasar Muara Lakitan.

“Untuk pengoperasian dua terminal ini akan mulai direalisasikan pertengahan Januari 2019. Sebab, terlebih dahulu akan dilakukan uji petik,”jelas Adi kepada Harian Silampari, Minggu (6/1).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa dengan diaktifkannya kembali dua terminal tersebut. Maka setidaknya sudah ada empat terminal yang beroperasi diantaranya terminal Simpang Semambang, Simpang Terawas, pasar B Srikaton dan pasar Muara Lakitan.

“Dioperasikan terminal ini guna mengatur penertiban kendaraan angkutan barang atau orang disamping untuk menambah PAD,”terangnya.

Mengenai capaian target sendiri. Maka mantan Camat Muara Lakitan ini mengakui sesuai harapan menargetkan PAD sebesar Rp500 juta.

“Untuk menambah PAD sektor pungutan retribusi terminal paling tidak kita targetkan sebesar Rp500 juta,”ungkapnya.

Sementara itu, Camat Muara Lakitan Prewaan Novio menyambut baik dengan dioperasikannya dua terminal dan salah satunya di Pasar Muara Lakitan yang selama ini sempat tidak diefektifkan. Sehingga, dengan dioperasikannya kembali terminal ini maka pengaturan kendaraan akan lebih tertib.

“Kita harapkan disamping menambah PAD. Maka dengan diefektifkannya terminal ini maka bisa memberikan multi efek bagi masyarakat sekitar,”pungkasnya. (HS-03)