Tersangka Dua Kasus Begal Bawa Ganja Saat Ditangkap Polisi

OBATI : Tersangka dua kasus begal, Didit (duduk di kursi roda) saat dibawa ke RSUD Empat Lawang, untuk diobati lukanya, Kamis (3/10/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Kasus pencurian dengan kekerasan, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), Tim Resmob Elang Sat Reskrim Polres Empat Lawang dan Unit Reskrim Polsek Tebing Tinggi, melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki bernama Didit (35), seorang warga Desa Kemang Manis Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (3/10/2019) malam sekitar jam 23.00 WIB.

Penangkapan terhadap tersangka ini berdasarkan dua laporan pengaduan (LP) antara lain, Lp-B/26/IX/2019/Sumsel/Res Empat Lawang/Sektor Tebing Tinggi, tanggal 3 September 2019 dan LP/B-62/VII/2019/Sumsel/Res Empat Lawang, tanggal 29 Juli 2019.

Muat Lebih

Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto melalui Kasat Reskrim, AKP Muhammad Ismail mengatakan, tersangka Didit ini merupakan salah seorang pelaku begal dengan sedikitnya dua perkara pembegalan. Dalam menjalankan aksinya, tersangka terbilang sadis, karena tidak segan-segan melukai korbanya dengan senjata tajam jika nekat melawan.

“Tersangka ini pernah tertangkap di Ogan Ilir oleh aparat Polres sana, dalam kasus ganja 3 kilogram,” ungkap Ismail, Jum’at (4/10/2019).

Tersangka berikut barang bukti.

Diceritakannya, penangkap pelaku begal sadis ini oleh pihaknya, cukup dramatis. Tersangka sempat diketahui berada di desanya, namun saat aparat melakukan pengejaran ke desanya, aparat berpapasan dengan tersangka yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor menuju arah Pasar Tebing Tinggi.

“Anggota kita tidak tinggal diam dan langsung putar balik arah untuk mengejar tersangka,” imbuhnya.

Kemudian lanjut Ismail, tim yang dipimpin Kanit Pidum Polres Empat Lawang, Ipda Badaruddin bersama Kanit Reskrim Polsek Tebing Tinggi, Iptu Indra Gunawan tersebut, langsung memepet korban dengan maksut agar tersangka berhenti dan setelah tersangka berhasil dihentikan, dilakukamlah upaya penangkapan. 

“Tersangka melawan, lalu aparat melakukan tembakan ke udara namun tersangka tetap melakukan perlawanan, hingga dilakukanlah tindakan tegas yang terukur,” jelasnya.

Setelah berhasil dilumpuhkan, selanjutnya dilakukan penggeledahan pada badan tersangka. “Ditemukanlah dua paket sedang ganja milik tersangka yang dibungkus kertas,” ujar Ismail.

Saat ini sebut Ismail, tersangka sudah dibawa ke Mapolres Empat Lawang, untuk menjalani pemeriksaan setelah sempat dibawa ke RSUD Empat Lawang, untuk diobati luka tembaknya. (HS-05)

Penulis : Fahrurozi
Editor : Agus Hubya Handoyo