THR ASN dan Dewan Sudah Cair

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Empat Lawang, dipastikan sudah dapat diproses oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing sejak Jumat (24/5/2019).

Muat Lebih

Hal ini juga berlaku bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Empat Lawang. Pihak Sekretariat DPRD Empat Lawang, sudah dapat mengurus pencairan THR bagi anggota dewan Empat Lawang.

“Memang benar, banyak yang bertanya kepada saya mengenai hal itu, tadi saya hubungi Kepala BPKAD, Jum’at kata dia sudah bisa diproses untuk dilakukan pencairan,” ungkap Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana kepada wartawan, kemarin.

Mengenai pencairan lanjut Wabup, tentu saja dikembalikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. “Proses di BPKAD, mengenai cairnya itu tergantung di tiap OPD,” terang dia.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Empat Lawang Hendra Lezi saat dikonfirmasi mengatakan, sekitar Rp 13 milyar dana yang disiapkan untuk pembayaran THR ASN termasuk juga Anggota DPRD Empat Lawang.

“Ya, Jumat sudah diproses karena peraturan bupati (Perbup) sudah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi sebab dasar keluarnya THR tersebut dari Perbup,” jelasnya.

Untuk rinciannya lanjut Hendra Lezi, THR ASN berupa gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan sama halnya dengan gaji diterima tiap bulan. Sementara untuk anggota DPRD berupa uang representatif, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

“Dari kas daerah nanti ditransfer ke SKPD masing- masing. Lalu ke rekening ASN serta anggota DPRD yang bersangkutan,” urainya.

SURAT EDARAN LIBUR BERSAMA ASN BELUM KELUAR

Sementara itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengaku belum menentukan hari libur atau cuti bersama ASN dikarenakan sampai dengan saat ini BBKPSDM belum menerima surat edaran maupun infomasi dari pemerintah pusat.

“Kita sendiri belum tahu berapa hari ASN libur karena surat resmi edaran dari Kementerian dalam negeri (Kemendagri) belum kita terima, apabila surat tersebut sudah turun maka BKPSDM akan menaikan surat tersebut ke Bupati,” ungkap Sekretaris BKPSDM Empat Lawang Nasrul Chaniago, Jum’at (24/5/2019).

Intinya lanjut Nasrul, apabila sudah ada surat resmi, maka Pemerintah akan mengeluarkan edaran dari Bupati dengan dasar surat dari Kementerian untuk disebarkan kepada semua instansi termasuk Pemerintah Kecamatan.

“Memang sampai saat ini belum ada informasi dari beberapa kalangan biasanya meskipun surat belum turun informasi sudah tersebar kemana-mana seperti di Medsos,” katanya.

Kemungkinan tambah Nasrun, di minggu depan sudah ada informasi tersebut karena banyak informasi bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) sudah keluar. “Biasanya apabila THR di daerah sudah banyak cair surat edaran mengenai libur ASN segera menyusul informasinya,” tukasnya. (HS-05)