Tidak Ada Pelatihan Imam dan Khotib

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : FAHRUROZI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kabag Kesra Setda Empat Lawang, Sumardi

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Karena keterbatasan anggaran, ditahun anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, tidak mengagendakan pelatihan bagi Imam, Khotib dan pengurus masjid. 

Muat Lebih

Demikianlah yang diakui Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Empat Lawang, Sumardi saat dibincangi Harian Silampari, kemarin.

Menurut dia, pelatihan bagi Imam, Khotib dan pengurus masjid tidak diagendakan tahun ini, karena keterbatasan anggaran.

“Tahun ini belum ada pelatihan Imam Masjid, Khotib itu, karena tidak ada anggran. Tapi kalau tahun dulu ada. Tapi kemarin kita usulkan,” ungkap Sumardi.

Dijelaskan Sumardi, anggran untuk pelatihan Imam Masjid dan Khotib itu cukup besar, pasalnya seluruh Imam masjid dan Khotib se Empat Lawang tersebut akan dipanggil semua.

“Minimal mereka itu tiga hari diinapkan, jadi meraka belajar sungguh, Syarat Imam itu apa, Syarat Khotib itu ini,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, konsep pelatihan Imam, Khotib dan pengurus masjid, yang digagasnya itu tidak bisa hanya dilakukan dalam satu hari. Sebab kata dia, konsep pelatihan tidak bisa satu hari dibuka langsung dilakukan pelatihan dan hari itu juga ditutup.

“Bagaimana bisa, acara seremonialnya saja biasanya dibuka sudah jam sepuluh pagi, jam satu siang bubar. Apa yang bisa didapat para peserta pelatihan,” cetusnya.

Diapun menyebut, pihak Kesra Setda Empat Lawang, tentu saja sangat bersyukur jika ada pihak lain bersedia menggelar pelatihan Imam, Khotib dan pengurus masjid. Sebab, Pemkab Empat Lawang sudah sangat terbantukan dengan adanya kegiatan seperti itu. 

“Entah pihak dari mana saja, tentu kita sangat berterima kasih kalau mau menggelar kegiatan pelatihan Imam, Khotib dan pengurus masjid. Karena itu sangat sejalan dengan program Empat Lawang Madani,” tandasnya. (HS-05)