Tidak ada Rencana Pemindahan Ibukota

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Hingga detik ini, tidak ada rencana pemindahan Ibukota Kabupaten Empat Lawang, yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang kedepan, dari Kecamatan Tebing Tinggi ke Padang Surau, Kecamatan Pendopo Barat atau ke wilayah kecamatan lain.

Muat Lebih

“Jika ada isu tersebut yang menyebar di kalangan masyarakat, saya tegaskan bahwa (isu) itu adalah tidak benar,” tegas Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Empat Lawang, Darno Bakar melalaui Kabid Pertanahan Dinas Perkim Kabupaten Empat Lawang, Juarsyah saat dibincangi Harian Silampari, baru-baru ini.

Menurut Juarsyah, Kabupaten Empat Lawang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 1 tahun 2007. Dalam Undang-undang tersebut, sangat jelas disebutkan bahwa ibukota kabupaten ini, adalah di Kecamatan Tebing Tinggi. “Jika pindah ibukota, ya jelas harus merubah Undang-undang tentang pembentukan kabupaten ini. Tidak bisa sembarangan main pindah,” jelasnya.

Memang lanjut dia, saat ini Pemkab Empat Lawang, sedang gencar-gencarnya membangun perkantoran di kawasan Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Nurdin Panji), namun lokasi yang dibangun perkantoran tersebut, masih dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, bukan di kecamatan lain.

“Seperti rencana pembangunan Kantor DPRD dan Kantor Kejari Empat Lawang, itu masih di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, termasuk lokasi di perkantoran yang saat ini berdiri Km 7,5 jelas merupakan masih di wilayah Tebing Tinggi, itu sah-sah saja, karena masih di wilayah Ibukota Empat Lawang,” cetusnya.

Lebih lanjut diceritakannya, beberapa lahan di kawasan Jalan Poros, sudah mulai dibebaskan oleh Pemkab Empat Lawang, untuk pembangunan beberapa fasilitas perkantoran. “Salah satunya lahan untuk kantor Kejari Empat Lawang, itu sudah ada dan siap dibangun, rencananya juga untuk Rutan Tebing Tinggi dan Kantor DPRD,” tandasnya. (HS-04)