Tiga Bulan Perangkat Desa Belum Gajian

Silampari Online

MUSI RAWAS- Setidaknya sudah terhitung tiga bulan terakhir perangkat Desa di Bumi Lan Serasan belum gajian. Pencairan gaji mereka ini dikarenakan masih menunggu pencairan alokasi Dana Desa (ADD).

Muat Lebih

“Sudah tiga bulan ini kami memang belum gajian. Karena memang masih menunggu pencairan ADD,”jelas Kepala Desa (Kades) Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Musi Rawas (Mura), Muhamad Rozikon kepada Harian Silampari, Selasa (24/9).

Ia menjelaskan untuk pengajuan ADD telah disampaikan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mura.

“Penggunaan ADD untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) Juli, Agustus dan September. Sedangkan, kalau Oktober, November dan Desember akan dicairkan pada akhir tahun,”terangnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Mura, H Zulkifliy Idris melalui Sekretaris, H Desriwan Tabrani menjelaskan bahwa, setidaknya sudah ada 98 Desa yang sudah masuk pengajuan. Dimana, bilamana berkas pencairan sudah lengkap maka langsung diproses penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D).

“Kalau memang syaratnya sudah lengkap maka kami proses SP2D dan dalam waktu dekat ini akan disalurkan,”tutur Desriwan.

Menurutnya, untuk besaran ADD tahap kedua sebesar 40 persen atau rata-rata yakni Rp200-300 juta. Dimana, penggunanya operasional siltap perangkat Desa untuk enam bulan kedepan.

“Intinya ADD secara dana sudah ready untuk digunakan sebagai siltap perangkat Desa. Sedangkan, kalau untuk fisik tidak dianggarkan dalam penggunaan ADD melainkan di Dana Desa (DD),”pungkasnya. (HS-03)