Tiga Caleg Masih Keluarga Komisioner KPU

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU-Kendati memiliki keluarga calon legislatif( Caleg), namun netralitas kedua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau tetap terjaga. Hal ini dibuktikannya, dengan mengumumkan ke publik ada tiga caleg yang masih ada hubungan keluarga dari Ketua KPU Kota Lubuklinggau Topandri dan anggota Bambang Irawan. Diantaranya, Caleg Sumsel Abrar Amir, Caleg Kota Lubuklinggau Mulyadi Pabena dan Rukma Dewi.

Muat Lebih

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri mengatakan, pihaknya melakukan konferensi pers, karena ada keluarga mereka yang ikut maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Lubuklinggau di Pemilu 2019. Konferensi pers yang dilakukan KPU Kota Lubuklinggau merupakan suatu keharusan. Mengingat, seluruh penyelengara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu sampai jenjang dibawahnya, harus mengumumkan ke publik, bila memiliki hubungan keluarga dengan salah satu Caleg yang maju di pemilu.

Bahkan, keharusan itu sudah diatur dalam Pasal 9 huruf i Peraturan Bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu.

“Pada pasal itu sudah dijelaskan setiap penyelenggara pemilu harus menyatakan secara terbuka, apabila memiliki hubungan keluarga atau sanak saudara dengan calon, peserta Pemilu, atau tim kampanye,”kata ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri, Selasa (22/1).

Menurut Topan, ada beberapa keluarga dari komisioner KPU Kota Lubuklinggau yang menjadi Caleg di Pemilu 2019. Bahkan, dirinya sendiri memiliki adik sepupu yang maju sebagai Caleg Anggota DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) daerah pemilihan (Dapil) VIII, Abrar Amir.

Dapil VIII meliputi, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Abrar sendiri, maju dari Partai Hanura nomor urut 2.

“Memang ada keluarga yang ikut Caleg, tapi hal itu tidak mengganggu netralitas kami sebagai pemilu. Karena, sejak awal kami sudah mendedikasikan diri untuk menyukseskan Pemilu. Walaupun ada sepupu kami yang maju dalam ikut berpartisipasi, tapi tidak mengangu netralitas kami,”jelas Topandri.

Hal yang sama, disampaikan Komisioner KPU Kota Lubuklinggau, Bambang Irawan. Bambang, memiliki dua keluarga yang ikut mencalonkan diri sebagai Caleg, semuanya di Kota Lubuklinggau dan Dapil IV yang meliputi Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan Lubuklinggau Timur II.

Caleg keluarga Bambang adalah Mulyadi Pabena dari PPP nomor urut 4, merupakan pamannya. Kemudian, Rukma Dewi dari PBB nonor urut 2, merupakan adik kandung dari mertuanya. Publikasi yang dilakukan merupakan amanah dari aturan yang berlaku, yakni Peraturan DKPP No.2 Pasal 18 Tahun 2017.

“Prinsipnya, tufoksi dari penyelengara pemilu adalah melayani setiap peserta pemilu. Tentunya, kami netral dalam melaksanakan tugas tersebut. Publikasikan yang kami lakukan ini menunjukan netralitas kami sebagai penyelengara,” pungkas Bambang. (HS-rilis)