Tiga On Progress Program Bedah Rumah

Foto : Rian/PP BEDAH RUMAH : GM Asset 2, A Pujianto bersama Asisten III, HM Rasyid SAg MM dan FM Limau, M Nur menyerahkan kunci bedah rumah kepada Amsardi, warga Desa Tanjung Menang penerima bantuan bedah rumah, kemarin.

SILAMPARI ONLINE,

PRABUMULIH – Pertahunnya, sekitar 10 rumah dibedah PT Pertamina EP (PEP) Asset 2. Sebagai bentuk kepedulian, dan perhatian perusahaan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional dan produksi. Hal itu disebutkan, General Manager (GM) Asset 2, Astri Pujianto ketika menyampaikan, sambutannya di sela-sela penyerahan kunci program bedah di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Prabumulih Selatan, kemarin (5/11/2019).

Muat Lebih

“Program bedah rumah ini, awalnya perusahaan mengikuti program Walikota (Wako) dalam rangka memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” terang Pujianto didampingi Field Manager (FM) Limau, M Nur.  Akunya, ini sedikit bisa dibuat perusahaan bagi masyarakat di sekitar perusahaan. Kata dia, program bedah rumah ini, mengikuti standar ditentukan. “Di Asset 2, sejauh ini sudah 61 rumah telah dibedah. Tahun ini, sudah terealisasi 7 rumah dibedah. Dan, sisanya menyusul. Ditargetkan, dua bulan penghujung tahun bisa diselesaikan,” terangnya.

Masih kata dia, karena wilayah operasional dan perusahaan luas. Diakuinya, program bedah rumah tidak semuanya dilaksanakan di Prabumulih. “Hanya saja, total 61 rumah sejauh ini dibedah. 31 rumah di Prabumulih telah dibangun,” jelasnya.  Menurutnya, pemilihan rumah bakal dibedah tersebut menyesuaikan dengan kriteria Pemkot. Akunya, didasari usulan warga selanjutnya disurvei dan dinilai layak atau tidak dibedah.

“Kalau layak baru dibedah rumahnya, kalau tidak dialihkan warga memang benar layak menerima program iin. Satu rumah lagi, di Prabumulih tahun ini tengah dibangun di Kelurahan Payuputat,” ucapnya. Sambungnya, dana program bedah rumah ini. Kata dia, berasal dari perusahaan dan juga pekerja dikelola Baznas.

“Sebenarnya, tugas pokok Pertamina untuk mencukupi kebutuhan energi atau minyak dan gas (migas) nasional. Apalagi, kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) setiap tahun meningkat berimbas target perusahaan juga meningkat,” tambahnya. Sebutnya, perusahan tidak bekerja sendiri. Perlu dukungan Pemkot dan masyarakatnya, guna bisa memenuhi kebutuhan warga. “Perusahaan berupaya mendorong pekerjanya amanah, guna menghadirkan kebutuhan migas bagi warga,” tukasnya.

Harapannya, bagi penerima, Amsardi bisa menghuni rumah telah dibangun dengan nyaman. “Konsentrasi dalam mencari nafkah, untuk menghidupi keluarganya,” jelasnya. Sementara itu, Asisten III, HM Rasyid SAg MM mengatakan, kalau kegiatan dijalankan perusahaan sangat positif dan sangat bermanfaat warga. “Kita berterima kasih, karena perusahaan telah mendukung program Pemkot untuk kesejahteraan warga,” tukasnya. Apalagi, kata dia, Pemkot sangat konsentrasi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Khususnya, menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat,” pungkasnya.

Kades Tanjung Menang, Asmedi Cik Adam SH MH mewakili warganya, berterima kasih atas kepedulian perusahaan telah memperhatikan warganya. “Rumah tidak layak huni dibedah menjadi layak huni. Harapan kita, program ini terus berlanjut,” pungkasnya.

Laporan : Rian 

Sumber : Prabumulih