Tiga Orang ke Korea Selatan

TANGERANG, 22/6 - MINAT TKI TURUN. Ratusan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengantri saat akan membuat pasport di kantor Imigrasi khusus TKI, Tangerang, Banten, Rabu (22/6). Paska eksekusi terhadap Ruyati minat masyarakat untuk bekerja di luar negeri menurut sekitar 30%, biasa melayani 700-1000 orang, kini hanya 400 - 500 orang perharinya. FOTO ANTARA/Lucky.R/ss/pd/11

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Sebanyak tiga orang warga Kabupaten Empat Lawang, mengikuti program Government to Government (G to G), atau program penempatan pekerja migran Indonesia di Korea Selatan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmingrasi Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto didampingi Kabid Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, Joni Verdi menjelaskan, dari tiga orang warga Kabupaten Empat Lawang, yang mengikuti program G to G Korea Selatan, dua orang sudah bekerja di negeri ginseng tersebut, sementara satu orang lagi dalam proses penyiapan berkas untuk segera diberangkatkan juga.

Muat Lebih

“Yang terakhir ini dia daftar mandiri dan dinyatakan lulus serta berhak berangkat berkerja ke Korea Selatan. Ini sedang kita lengkapi berkasnya untuk mengurus kelengkapan dokumen sebagai tenaga kerja migran,” ungkap Joni, Jum’at (27/9).

Yang bersangkutan, jelas Joni, mendaftar secara online, mengikuti program G to G ke Korea Selatan. Dari upaya yang dilakukannya itu patut disyukuri, menjadi salah seorang terpilih mengikuti program G to G. “Kita harapkan proses keberangkatannya ini tidak ada kendala, juga nanti selama bekerja di Korea Selatan, tetap sehat dan tidak ada masalah di sana,” imbuhnya.

Lebih lanjut Joni menjelaskan, program G to G, merupakan program kerja sama Pemerintah Indonesia dengan pemerintah sejumlah negara. Selain Korea Selatan, Pemerintah Indonesia juga bekerjasama dengan Jepang dan negara lain.

“Ini merupakan program penempatan pekerja migran. Pelaksananya, Badan Nasional Penempatan dan Perlundungan Tenaga Kerja Indonesia atau BNP2TKI. Pada prinsipnya, kita mengutamakan pelayanan terbaik bagi warga Empat Lawang yang ingin bekerja ke Luar Negeri,” tukasnya. (HS-05)