Tiga Pasang Bakal Calon Memenuhi Syarat Tes Kesehatan

Bakal Calon Wako dan Wawako Lubuklinggau foto bersama

Silampari Online, 

LUBUKLINGGAU –Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau siap ‘bertarung’ di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lubuklinggau. Diantaranya, H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar, H Rustam Effendi-Riezky Aprilia, H Toyeb Rakembang-Sofyan setelah dinyatakan lolos tes kesehatan dengan hasil memenuhi syarat.
Sebelumnya, mereka (tiga Bapaslon) telah mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan penyalahgunaan narkoba di RS M Husein Palembang dari tanggl 11-15 Januari 2017 lalu.
Pantauan Harian Silampari, sekitar pukul 14.45 WIB, Bapaslon Toyeb Rakembang mengenakan baju dan Sofyan memakai baju biru dipadu peci (songkok) warna hitam, tiba di KPU Kota Lubuklinggau.
Melihat kedatangan Bapaslon Toyeb Rakembang-Sofyan (TOS) dan tim pemenangannya disambut ramah Ketua KPU Efriadi Suhendri, dan komisioner KPU lainnya. “Selamat datang di KPU Kota Lubuklinggau,” ucap Efriadi Suhendri seraya mengajak ke ruang rapat.
Selanjutnya, disusul Bakal Cawawako H Sulaiman Kohar sampai di Kantor KPU Kota Lubuklinggau. Pria yang mengenakan baju ciri khas batik Nansuko ini langsung menuju ke ruang pertemuan.
Tidak lama kemudian, sekitar pukul 15.10 WIB, datang Bapaslon H Rustam Effendi- Riezky Aprilia. Keduanya yang diusung dua Partai Politik PDI Perjuangan dan PPP ini disambut ramah Komisioner KPU Kota Lubuklinggau. Setelah RR sebutan Bapaslon Rustam-Riezky melakukan mengisi buku absensi lalu berjalan menuju ruang pertemuan. Kemudian disusul, Bakal Calon Petahana, H SN Prana Putra Sohe yang diusung 9 Parpol Golkar, Demokrat, Hanura, PKS, PKB, Gerindra, Nasdem, PAN, PBB ini tiba di Kantor KPU Lubuklinggau langsung ke ruang rapat.
Selanjutnya, pleno pengumuman hasil tes kesehatan dipimpin Ketua KPU Efriadi dihadiri anggota Gatot Wijayanto, Lukman Hakim, Efrizal, Debi Aryanto dan Sekjen Trisko Defriyansah. Lalu hadir pula Kepala BNN AKBP Edi Nugroho, Ketua IDI Lubuklinggau, dr Jenita.
Sementara tiga Bapaslon Wako dan Wawako Lubuklinggau sempat terlihat tegang. Mereka duduk berjejer dihadapan komisioner KPU untuk mendengar hasil tes kesehatan diumumkan.
Selanjutnya, Ketua KPU Efriadi Suhendri membacakan dokumen hasil tes kesehatan. Alhasil, ketiga Bapaslon yakni Nansuko, “RR” dan TOS (perseorangan) dinyatakan memenuhi syarat.
“Hasil tes pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan dari 11 dan 15 Januari dan dinyatakan secara keseluruhan bakal calon Walikota dan bakal calon Wakil Walikota Lubuklinggau 2018-2023 memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi kemarin (17/1) di kantor KPU Lubuklinggau.
Bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau itu berhak untuk mengikuti proses ke tahapan berikutnya yang diselenggarakan KPU Lubuklinggau.“Terkhusus untuk bakal calon Walikota atau bakal calon Wakil Walikota yang melalui jalur perseorangan, tanggal 18 sampai 20 Januari, itu adalah penyerahan dukungan KTP perbaikan,” ungkap Efriadi.
Sebagaimana diketahui, syarat minimal seluruh dukungan untuk bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan maju di Pilkada lewat jalur perseorangan yakni mengumpulkan 15.470 KTP.  “Kekurangan yang sudah diverifikasi kemarin 1.028. Jadi Bapaslon, harus kembali menyerahkan dua kali lipat yakni 2056 ,” bebernya.
Usai pengumuman, Petahana SN Prana Putra Sohe mengaku bersyukur dengan hasil tes kesehatan yang menyatakan dirinya sehat bersama dengan pasangannya yakni Sulaiman Kohar. Dan selanjutnya Bapaslon itu menjalani tahapan berikutnya, berharap agar kelengkapan berkas dapat lengkap keseluruhan. “Berdoa saja,” cetusnya .
Kemudian, Rustam Efendi saat dibincangi Harian Silampari mengaku setelah dinyatakan memenuhi syarat, siap mengikuti tahapan selanjutnya. “Masih banyak tahapan yang harus dilalui. Mudah-mudahan tiga paslon itu lulus semua lewat tahapan. Tanggal 12 Februari penetapan, tiga-tiga ditetapkan,”ujarnya.
Sementara itu, Bapaslon Wako jalur independent, Toyeb Rakembang dan Sofyan mengaku pihaknya akan segera melengkapi kekurangan dari dukungan KTP. “Kita sudah siapkan kekurangannya,” tegas Toyeb.
Dia juga bersyukur dan sempat jantung terasa berdetak. Namun saat mendengar telah memenuhi syarat, maka motivasi untuk ‘berlayar’ merebut kemenangan kembali bangkit. “Ya, jantung dak dik duk. Tapi alhamdullilah, tahapan kesehatan sudah dilalui. Jadi, kita akan menjalani tahapan lainnya yakni menyerahkan surat dukungan KTP ke KPU,” jelasnya.
Lanjut dia, Toyeb sapaan Toyeb Rakembang juga akan melengkapi berkas administrasi yang kurang, seperti SK Pemberhentian sebagai anggota DPRD Musi Rawas. “Kami sudah siap untuk memenuhi syarat tersebut,” ujarnya.(HS-09)