Tiga Warga Empat Lawang Suspect Covid-19

KETERANGAN : Bupati Empat Lawang, bersama jajaran Pemkab Empat Lawang, saat memberikan keterangan pers di ruang kerja Bupati Empat Lawang, Senin (16/3/2020) malam sekitar jam 21.00 WIB. Foto : Fahrurozi/Harian Silampari.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, mengumumkan tiga warga di Kabupaten Empat Lawang, diduga (suspect) Covid-19. Tiga warga tersebut, memilki riwayat berpergian ke Malaysia, baru-baru ini dalam perjalanan study banding ke negeri jiran tersebut.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menjelaskan, pihaknya memastikan satu diantara tiga orang itu, memiliki suhu tubuh lebih dari 38 derajat dan memiliki gejala mirip Covid-19, malam ini kata dia, langsung dibawa ke Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang.

Bacaan Lainnya

“Untuk dua orang lagi, segera diisolasi di ruang isolasi RSUD Empat Lawang, sampai 14 hari kedepan. Kondisinya saat ini masih cukup sehat, belum ada gejala,” jelas H Joncik Muhammad, saat memberikan keterangan pers di ruangan kerja Bupati Empat Lawang, Senin (16/3) malam sekitar jam 21.00 WIB.

Karena ini masih suspect, bupati mengimbau agar masyarakat tidak panik. Dalam hal ini pihaknya memastikan tidak akan menutup-nutupi persoalan itu, hingga pasien tersebut dapat dipastikan kondisi yang sesungguhnya.

Dipaparkannya, tidak hanya mengambil langkah strategis terhadap tiga orang suspect Covid-19 itu, pihaknya juga akan terus memantau orang terdekat (pihak keluarga) pasien suspect Covid-19 tersebut. “Langkah yang kita ambil, tentu saja untuk mengantisipasi (pandemi) Covid-19 di Empat Lawang,” tegasnya.

Secara umum lanjut dia, Pemkab Empat Lawang telah mengambil langkah terkait antisipasi pencegahan Covid-19, khususnya di Kabupaten Empat Lawang.

Bupati Joncik menjelaskan, beberapa langkah antisipasi yang telah diambil pihaknya antara lain, mengeluarkan imbauan kepada seluruh pegawai di Empat Lawang untuk tidak mejalankan dinas luar ke luar daerah, sampai batas waktu belum ditentukan. Menijau ulang rencana kegiatan Pemkab Empat Lawang, yang dapat membuat berkumpulnya orang banyak, juga diambil sebagai langkah antisipasi.

Selain itu, bupati juga telah mengeluarkan surat edaran agar meliburkan kegiatan belajar mengajar TK/PAUD, SD dan SMP se Kabupaten Empat Lawang. “Untuk yang sedang mengikuti Ujian Akhir, silakan lanjutkan,” ujarnya. (frz)