Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat Kolonel Inf Triadi memantau posko pencegahan kebakaran hutan dan lahan

  • Whatsapp

Silampari Online

Lubuklinggau-Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat Kolonel Inf Triadi memantau posko pencegahan kebakarani Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Kunjungan ke Posko pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu untuk melihat secara langsung kesiapan Satgas, kata tim BNPB itu dalam keterangan tertulisnya di Lubuk linggau, Rabu (31/07/2019).

Bukan hanya mengecek kesiapan personel tetapi juga masalah kelengkapan peralatan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Dalam pemantauan itu pihaknya juga mengajak Satgas antisipasi kebakaran hutan dan lahan untuk memaksimalkan pencegahan menghadapi musim kemarau 2019.

“Mari bersama-sama melakukan gerakan pencegahan dan menjaga alam dari kebakaran hutan dan lahan. Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,” katanya saat memberikan arahan kepada personel Satgas.

Apalagi Sumsel salah satu provinsi yang ditetapkan darurat siaga bencana sehingga pemantauan tersebut sangat diperlukan.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan peninjauan untuk melihat kesiapan Satgas yang telah diresmikan oleh Ketua BNPB lalu.

Sementara Kepala Staf Kodim 0406/MLM Mayor Inf B. Hutauruk mengatakan, pemantauan Posko Karhutla Desa Binjai Kec. Muara Kelingi Wilayah Koramil 406-05/Muara Kelingi , Kabupaten Musirawas.

Kunjungan tim BNPB Pusat tersebut untuk melakukan pengecekan secara langsung terhadap kondisi personel dan tanggung jawab Satgas Karhutla serta alat peralatan Karhutla yang ada di Posko.

Sebelumnya Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu telah dibentuk Satgas yang dipimpin Danrem 044/Garuda Dempo.

Satgas juga beranggotakan antara lain BPBD Kabupaten dan Kota, Manggala Agni, Masyarakat peduli api dan unsur terkait lainnya.( Pendim 0406/MLM)