oleh

Tim Kesenian Mura Membahana di Malaysia

-daerah-423 Dibaca

Silampari Online, 

#Disaksikan Istri Kedubes RI
#Rombongan Bupati Diterima Wakil Kedubes RI
KABUPATEN Musi Rawas sepertinya tidak hanya membahana di tingkat Nasional. Sesuai dengan bait dalam Mars Musi Rawas membahana di seluruh persada nusantara. Nama Musi Rawas kini juga membahana hingga hingga ke manca negara. Ini dibuktikan dengan penampilan Tim Kesenian Musi Rawas di Negara Malaysia dalam event Internasional Malaysia Tour and Travel Association (MATTA) Fair 2018 di Hall Putra World Trade Centre (PWTC) Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (17/3). Menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia Tim Kesenian Binaan Ketua Dewan Kesenian Musi Rawas dr Hj Noviar Marlina Gunawan mempersembahkan empat tarian dan beberapa lagu daerah yang membuat ribuan pengunjung dari berbagai negara itu terpesona termasuk Ibu Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Ny Lesien Rusdi Kirana yang ikut menyaksikan langsung penampilan di lokasi MATTA Fair seluas 1 hektar lebih itu.
Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan memimpin langsung rombongan memanfaatkan kunjungan ke Negara Malaysia untuk beberapa kegiatan. Salah satunya koordinasi dan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia di 233 Jalan Tun Razak 50400 Kuala Lumpur, Malaysia Jumat (16/3).
Di KBRI Malaysia Bupati H Hendra Gunawan beserta rombongan diterima Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana diwakili Deputy Chief of Mission/Minister (Wakil Duta Besar Indonesia di Malaysia) Andreano Erwin, Atase Imigrasi Mulkan Lekat, Atase Kepolisian Kombes Pol Chaidir dan Atase Perdagangan Rifah Ariny.
Kabupaten Musi Rawas ditunjuk Kementrian Pariwisata RI mewakili Propinsi Sumsel pada ajang tahunan yang digelar di Putra World Trade Center (PWTC), Kuala Lumpur, Malaysia.
Di ajang yang diikuti berbagai negara dari belahan dunia itu Tim Kesenian Mura dibawah binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menampilkan empat jenis tari budaya selama dua hari Sabtu-Minggu (17-18/3).
“Empat tarian khas Musi Rawas yang kita tampilkan di even MATTA Fair 2018 Kuala Lumpur yaitu Tari Piring, Tari Ketuk, Tari Turak dan Tari Songket Musi Rawas,” kata Amrullah, Kepala Disparbud Mura di sela penampilan tim kesenian di Kuala Lumpur, Sabtu (17/3).
Pada hari pertama Sabtu (17/3) tepatnya sesaat usai opening ceremony, setelah penampilan kesenian dan budaya dari Negara Thailand, tiga penari piring, Suci, Melfa dan Kiki diiringi 10 pemain musik tradisional dan dua penari pria dengan gemulai mempersembahkan tarian yang langsung disambut antusias penonton. Puncaknya saat penari meniti tiga tingkatan piring dan gelas, Ibu Kedubes Ny Lesien Rudi Kirana yang duduk berdampingan dengan dr Hj Noviar Marlina Gunawan serta Bupati H Hendra Gunawan terlihat begitu tegang. Puluhan penonton pun tak mau melewatkan moment tersebut dengan mengambil gambar foto dan video dengan Hp ataupun camera. Usai Tari Piring sembari menunggu persiapan Tari Ketuk ditampilkan, disajikan Lagu Ya Saman membuat suasana makin meriah terlebih Bupati H Hendra Gunawan ikut bernyanyi. Di hari kedua Minggu (18/3) ditampilkan Tari Turak dan Tari Kain Songket Musi Rawas.
“Mengapa kesenian kita (Musi Rawas) yang ditampilkan dalam even MATTA Fair 2018 Kuala Lumpur, pertimbangannya antara lain karena kesenian kita kerap menang dalam festival tingkat propinsi maupun keluar daerah,” kata Amrullah.
Pagelaran seni tradisional yang ditampilkan oleh tim kesenian Kabupaten Musi Rawas cukup menyedot perhatian pengunjung. Istri Dubes RI untuk malaysia Lesien Rusdi Kirana, Bupati H Hendra Gunawan dan Ketua TP PKK yang juga Ketua Dewan Kesenian Nusi Rawas dr Hj Noviar Marlina Gunawan, menyaksikan pagelaran kesenian tersebut. Hadir pula Forum Pimpinan Daerah (FPD) Musi Rawas yakni Kapolres Mura AKBP Bayu Dewantoro dan istri, Kajari Hj Zairida, Kakan Kemenag Mura H Harmedi dan istri, Ketua PN Lubuklinggau dan istri.
Atase Imigrasi KBRI Kuala Lumpur Mulkan Lekat bersama isteri serta pejabat KBRI hadir trrmasuk Gubernur Sumsel H Alex Noedin dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga.

“Sebuah tarian dan performance yang sempurna yang ditampilkan oleh Kabupaten Musirawas mewakili Propinsi Sumsel dan Indonesia dalam even MATTA Fair 2018 Kuala Lumpur ini,” ujar Irene Camelyn Sinaga, usai menyaksikan penampilan tim kesenian Kabupaten Musirawas.

Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan mengaku bangga dengan tampilnya tim kesenian Kabupaten Musi Rawas di kancah internasional ini. Menurutnya, ini merupakan langkah awal bagi Musi Rawas untuk mengenalkan budaya daerah ke tingkat dunia. “Selanjutnya akan kita cari momen dan peluang-peluang untuk mempromosikan potensi-potensi daerah, sehingga dapat lebih dikenal lagi dikancah internasional. Semua sektor akan kita jadikan sarana promosi mulai dari kesenian dan kebudayaan, olahraga termasuk juga pendidikan melalui pertukaran pelajar dan sektor serta potensi lainnya,” kata Hendra Gunawan.

Sementara Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan berkunjung ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, di 233 Jalan Tun Razak 50400 Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (16/3). Bupati H Hendra Gunawan beserta rombongan diterima oleh Deputy Chief of Mission/Minister (Wakil Duta Besar Indonesia di Malaysia) Andreano Erwin, Atase Imigrasi Mulkan Lekat, Atase Kepolisian Kombes Chaidir dan Atase Perdagangan Rifah Ariny.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati H Hendra Gunawan secara singkat memaparkan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Musi Rawas. Seperti potensi pariwisata, kesenian dan produk UKM unggulan seperti produk Kopi Selangit (Robusta), batik tulis Musi Rawas dengan berbagai varian serta potensi-potensi lainnya.

Di akhir pertemuan, Bupati Musirawas H Hendra Gunawan memberikan cendera mata berupa plakat Musi Rawas dan Kopi Selangit kepada pihak KBRI. Kemudian Wakil Duta Besar Indonesia di Malaysia, Andreano Erwin juga dipakaikan tanjak dan kain songket khas Musi Rawas. Sementara pihak KBRI memberikam plakat lambang Garuda kepada Bupati Musirawas H Hendra Gunawan yang diserahkan oleh Andreano Erwin. (HS)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel