Tingkatkan Pelayanan KB di Tahun 2018

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Pada tahun 2018, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (DPPKB) Kabupaten Empat Lawang, akan meningkatkan pelayanan Keluarga Berencana. Hal tersebut disampaikana Kepala DPPKB Kabupaten Empat Lawang, Sulni saat dibincangi wartawan di ruang tugasnya, Kamis (25/1).

Menurut dia, di setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang, memiliki satu Kampung KB. Di sana pihaknya bisa meningkatkan pelayanan melalui momen-momen tertentu.

“Kita sudah berkeliling ke setiap kecamatan dalam rangka pencanangan pelayanan KB tadi,” ungkap Sulni.

Dalam hal ini lanjut Sulni, pihaknya membuka pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang (MJP) seperti IUD serta Implan. Pogram tersebut kata dia  disambut antusias masyarakat, bahkan ditahun 2017 lalu, pihaknya sudah bisa meraup 635 akseptor KB.

“Ber-KB itu, jika dilakukan mandiri itu mahal. Namun alhamdulilah, program di kita ini masih mendapatkan bantuan pemerintah pusat, tinggal dana operasinalnya saja yang dianggarkan sebagai dana pendamping kegiatan tadi. Ini kita lakukan setiap tiga bulan sekali atau bisa juga dilakukan per-momen,” jelasnya.

Dalam hal IUD dan Implan, diminati karena memang hasilnya memuaskan dan tidak banyak kegagalan serta waktunya tergolong cukup lama. Misalkan program IUD, akseptor bisa melakukan ini hingga 5 bahkan 10 tahun kemudian. Begitu juga Implan, sampai 3 tahunan beda dengan pil yang setiap hari harus di kosumsi.

“Sekarang tinggal meningkatkan lagi MKJP-nya saja, target kita ada namun kita lebih utamakan yang kategori tidak mampu namun jika mampu minta dilayani, tetap kita layani,” pungkasnya. (HS-04)