Tingkatkan Pemilih Melalui Relasi

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : BADRI/HARIAN SILAMPARI</div></small> Komisioner KPU Rejang Lebong Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ujang Maman

Silampari Online,

REJANG LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) sudah melaksanakan seleksi perekrutan Relawan Demokrasi (Relasi) beberapa hari lalu. Saat ini KPU masih melakukan pengkajian dan pembahasan hasil seleksi yang akan diumumkan 26-27 Januari 2019 mendatang.

Muat Lebih

Para Relasi yang akan disebar diseluruh Kecamatan Se kabupaten RL ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu nantinya.

Komisioner KPU Rejang Lebong Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ujang Maman mengatakan bahwa pada tiga kali pemilu, baik Pileg 2014, Pilpres 2014 dan Pilkada 2015, angka persentase partisipasi pemilih belum adanya yang menyentuh angka 90 persen. Bahkan persentase tertinggi dari pileg, pilpres dan pilkada semakin menurun.

Diungkapkan Ujang, dari catatan data mereka, tertinggi persentase capaian partisipasi pemilih yaitu pelaksanaan Pileg 2014. Dimana tertinggi pencapaian ada di Kecamatan Sindang Kelingi yang mencapai 84,97 persen.

Begitu juga untuk pelaksanaan Pilpres dan Pilkada, capaian tertinggi persentase partisipasi pemilu berada di Kecamatan Sindang Kelingi masing-masing 76,49 persen dan 78,22 persen.

” Jadi memang cenderung menurun persentase partisipasi pemilih pada tiga kali gelaran pemilu sebelumnya. Makanya dengan adanya Relasi, kita harapkan nanti bisa mendongkrak target capaian persentase partisipasi pemilih. Karena target kita jelas bisa meningkat diatas 85 persen bahkan diupayakan diatas 90 persen,” singkat Ujang.(HS-06)