Titik 100 Persen DD Tahap Dua di Dharma Sakti Rampung

Cek: Saat Kades Dharma Sakti (kanan pertama) beserta Camat Tuah Negeri, Christiandi Argani serta Kapolsek Muara Kelingi, AKP Hendri dan pendamping Desa dan babinsa mengecek pembangunan drainase (Foto Jum'at 6-9-2019)

SILAMPARI ONLINE

MUSI RAWAS– Penggunaan Dana Desa (DD) oleh Kepala Desa (Kades) Dharma Sakti Kecamatan Tuah Negeri benar-benar direalisasikan sesuai skala prioritas. Bahkan, dalam pembangunan fasilitas Desa direalisasikan sesuai Kebutuhan masyarakat.

Kades Dharma Sakti Kecamatan Tuah Negeri, Maryadi mengatakan, bahwa kucuran bantuan DD digunakan sejumlah kegiatan yakni membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Bantuan DD disamping harus dipertanggungjawabkan maka penggunaannya juga harus tepat sasaran,”jelas Maryadi kepada Harian Silampari, Kamis (6/9).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, sebelum penggunaan DD direalisasikan maka terlebih dahulu dilakukan musyawarah dusun (Musdus) dan dilanjutkan dengan musyawarah desa (Musdes) sesuai skala prioritas masyarakat.
“Untuk pembangunan fisik tersebut tidak serta merta begitu saja. Melainkan, berdasarkan kebutuhan masyarakat,”terangnya.

Menurutnya, untuk penggunaan DD tahap dua sebagian besar disektor fisik. Diantaranya drainase di Dusun I sepanjang 220 meter dan Dusun II sepanjang 362, MCK dan sumur gali di tempat pemakaman umum (TPU) serta fasilitas pendukung wahana permainan PAUD (atap dan cor halaman PAUD).

“Kalau alasan pembangunan sejumlah sektor fisik tersebut seperti drainase agar saluran irigasi lancar dan mencegah agar jalan tidak longsor. Sedangkan, kalau atap dan cor wahana permainan PAUD disamping penggunaanya multi fungsi juga terinspirasi salah satu PAUD di Jogjakarya,”paparnya.

Selain itu, untuk MCK dan sumur gali di TPU guna membantu warga atau masyarakat ketika akan mau melakukan pembangunan makam. Bahkan, tahun depan nanti akan akan dibangun rumah singgah bagi pelayat ketika turun hujan untuk beristirahat.

“Memang MCK dan sumur gali ini tidak setiap hari digunakan. Namun, setidaknya ketika dibutuhkan bisa digunakan,”bebernya. Terlepas dari itu, dirinya berharap dengan adanya pembangunan disektor fisik tersebut maka bisa membantu masyarakat terutama dalam menunjang kesejahteraan masyarakat.
“Pada dasarnya pengelolaan DD digunakan secara transparan dan kepentingan bersama dalam menunjang percepatan pembangunan Desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas (Mura), Christiandi Argani menjelaskan, dengan adanya bantuan DD bisa membantu perkembangan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di Desa Dharma Sakt bisa terwujud, demi meningkatkan kesejahteraan dan roda perekonomian warga.

“Intinya dengan pembangunan infrastruktur dari DD ini mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan pemerataan pembangunan di Desa Dharma Sakti bisa terwujud serta memperlancar roda perekonomian masyarakat,”pungkasnya. (HS-03)