TNI AL Siap Jadi Profesional, Modern, Dan Tangguh Guna Mendukung Indonesia Maju

SILAMPARI ONLINE,

Palembang – Dalam acara memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke – 75, Pangkalan Lanal Palembang menggelar syukuran dan video Conference secara virtual bersama staff Angkatan Laut (kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, di ruang serba guna mako lanal Palembang, Kamis (10/09/2020).
Tahun ini TNI Angkatan Laut mengusung tema “ Dengan Semangat Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh guna mendukung Indonesia maju”.
Komandan lanal Palembang, Kolonel Laut ( P ) Filda Malari, CTMP sesuai amanat kasal menyampaikan bahwa dimana pada saat negara ini membutuhkan pengamanan laut.
Dari sejarah membuktikan pada tahun 1962 saat konsultasi dengan Dwikora dan Sinar Kudus. Kemudian penegakan kedaulatan di saat kapal-kapal Cina masuk diperairan Natuna, Angkatan Laut selalu hadir .Terakhir pada saat pandemi covid-19 Kasal pada saat itu mendapatkan amanat untuk menyelesaikan masalah covid-19 di Natuna, ujarnya.
“Dengan sejarah dan ulang tahun Angkatan Laut yang ke-75 saat ini merupakan suatu refleksi, bahwasannya kontribusi yang diberikan oleh TNI AL kepada bangsa dan negara ini untuk mendukung kebijakan pemerintah sangat besar sekali,” ujar danlanal.
Saat ditanya tentang pengaman danlanal mengatakan “ saat ini Lanal Palembang memiliki kurang lebih 19 pos. Posal dan Posmad yang berada diperairan sungai musi ini,” katanya.
Lebih lanjut, kemarin ketika pada saat video conference dengan Gubernur Sumsel Herman Deru sudah mengatakan bahwa lanal Palembang ini akan menjadi koordinator atau satgas penertiban pelanggaran-pelanggaran yang ada di laut, ungkapnya.
“ Karena saya sebagai Danlanal disini masih baru, pertama yang harus dilakukan bagaimana meningkatkan kerjasama lebih insentif lagi dengan Forkompinda dan Stakeholder lainnya yang berkaitan dengan laut atau sungai musi,” ujarnya.
“Angkatan Laut tidak bisa berdiri sendiri pasti membutuhkan kerjasama yang erat dengan stakehoder kemaritiman yang ada di Sumsel,” jelasnya.
Danlanal berharap di “HUT yang ke – 75 ini akan ada peningkatan sumber daya manusia dan sinergitas TNI dan Polri. Karena TNI dan Polri merupakan garda terdepan penegakan kedaulatan, Pungkasnya. (vin)