TPA Jalan Poros Dijadikan Lokasi Pengelolaan Sampah

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : DOC/HARIAN SILAMPARI</div></small> Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang, Arta Ujang.

Silampari Online,

EMPAT LAWANG – Kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo, Desa Lubuk Gelanggang Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, akan ditata dan dijadikan tempat pengelolaan sampah terpadu, seperti yang direncanakan saat pembangunan kawasan TPA tersebut sebelumnya.

Muat Lebih

Demikan yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Munfazir Ghozali melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Arta Ujang saat dibincangi Harian Silampari, di ruang tugasnya, baru-baru ini.

Menurut dia, memfungsikan kawasan TPA menjadi kawasan pengelolaan sampah terpadu, penting dilakukan agar kawasan TPA tidak terkesan menjadi kawasan kumuh, seperti kebanyakan TPA.

“Kalau pengelolaannya maksimal, tidak hanya dapat menjadi lahan usaha bagi masyarakat, tapi juga menjadi sumber pendapatan asli daerah,” ungkap Arta.

Dikatakannya, di lokasi TPA akan ditata dan direncanakan dibangun taman. Dengan kondisi taman yang bagus, tentu saja kesan kumuh akan hilang. Di lokasi juga sejumlah fasilitas penunjang untuk pengelolaah sampah akan dibangun, seperti mesin pencacah sampah dan sebagainya. “Jadi, sampah yang masuk setiap hari akan dipilah, untuk kita kelolah,” jelasnya.

Di Kabupaten Empat Lawang, sebenarnya sebut dia, ada banyak pembangunan Bank Sampah, namun sayangnya semua itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

“Nah, dengan adanya pemgelolaan sampah terpadu di TPA Jalan Poros, kita berharap dapat memancing Bank Sampah yang ada, dapat berjalan, karena tidak hanya mengelolah sampah saja, tapi dapat membeli hasil pengelolaan sampah dari Bank Sampah,” tukasnya. (HS-05)