Trapo Meledak, Listrik Perkantoran Padam

<small> <div style="text-align:right;">FOTO : KRISMANTO/HARIAN SILAMPARI</div></small> <strong>MELEDAK : </strong> Saat petugas PLN Rayon Muara Beliti sedang melakukan perbaikan terhadap trapo yang meledak di depan Kantor BPKAD Mura dan akibat kejadian ini listrik komplek perkantoran

Silampari Online,

MUSI RAWAS– Trafo listrik milik Perusahaan Listrik Negara(PLN) Rayon Muara Beliti yang berada di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) meledak dan terbakar. Kendati tidak ada korban jiwa namun akibat kejadian ini listrik di perkantoran padam.

Muat Lebih

“Untuk ledakan sekitar Pukul 10.00 Wib dan saat kami lagi ngobrol tiba- tiba terdengar suara ledakan dari depan. Dimana, ketika keluar warung melihat ada asap dan keluar api,”kata Bude (55) pemilik warung lotek di depan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mura.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, tidak hanya dirinya dan orang yang ada di warung miliknya yang kaget mendegar suara ledakan trafo itu. Namun pegawai BPKAD juga berhamburan keluar kantor.

“Sehabis ada suara ledakan rapo itu banyak pegawai Dinas berhambuaran keluar ketika ada dentuman di samping kantor/ suara ban mobil meledak. Namun saat keluar terlihat trafo yang meledak,”terangnya.

Menurutnya, setelah trafo itu meledak maka langsung mengeluarkan asap dan terbakar. Akan tetapi, tidak lama setelah itu kemudian trafo mati sendiri.

“Tidak lama api mati sendiri itu datanglah pegawai PLN untuk membenarinya dan hingga pPukul 15.00 Wib trafo tersebut belum selesai dibenari,”ungkapnya.

Sementara itu Manajer PLN Rayon Muara Beliti, Zera Fitrizon membenarkan terbakarnya trafo milik PLN yang berada di kawasan perkantoran Pemkab Mura. Dimana, terbakarnya trafo tersebut diduga akibat korsleting listrik.

“Gangguannya di sebabkan kegagalan isolasi belitan trafo dikarenakan ada kebocoran minyak trafo pada isolator. Dimana, minyak trafo itu sendiri berfungsi sebagai media peredam busur api jika terjadi short circuit dan sebagai isolasi pada belitan trafo,”tutur Zera.

Hanya saja, terbakarnya trafo tersebut menyebabkan padamnya aliran listrik yang cukup luas. Sehingga, dengan kondisi ini pihaknya PT PLN Rayon Muara Beliti meminta maaf atas gangguan yang terjadi dan menyebabkan ketidaknyamanan pelanggan.

“Untuk trafo yang rusak sudah dilokalisir dan akan langsung di lakukan pergantian hari ini (kemarin). Tentunya, semoga cuaca tetap bersahabat dan tim dalam kondisi fit,”pungkasnya. (HS-03)