oleh

Tujuh Desa di Musi Rawas Tak Diperbolehkan Sholat Id, Ini Alasannya!

Silampari OnlineĀ 

MUSI RAWAS- Sedikitnya tujuh Desa yang ada di Bumi Lan Serasan Sekentenan tidak diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Id Idul Fitri. Hal ini dikarenakan ketujuh status Desa tersebut berstatus Orange dan Merah.

“Untuk sholat Id bisa dilakukan untuk Desa yang berstatus zona Hijau dan Kuning. Sedangkan, untuk zona Orange dan Merah tidak diperbolehkan,”kata Asisten II Setda Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Aidil Rusman kepada Silampari Online, Rabu (5/5/2021).

Dikatakannya, adapun status zona Desa yang ada di Mura yakni 174 Desa zona hijau dan 18 Desa zona kuning. Sedangkan, untuk zona Orange ada lima Desa terdiri dari Desa Jajaran Baru Kecamatan Megang Sakti, Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti, Sungai Pinang Kecamatan Muara Lakitan, Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi dan Desa Dwi Jaya Kecamatan Tugumulyo. Kemudian, untuk zona merah yakni Desa Tugu Sempurna Kecamatan Muara Kelingi dan L Sidoharjo Kecamatan Tugumulyo.

“Sekali lagi saya ingatkan untuk tujuh Desa yang status zona orange dan merah Covid-19 tidak diperbolehkan. Namun, apabila dalam beberapa hari kedepan zona ini berubah menjadi kuning dan hijau maka sholat Id bisa dilakukan,”terangnya.

Mengenai tindakan bagi Desa yang zona orange dan merah tetap melaksanakan sholat Id. Maka mantan Kepala DPU-BM Mura ini akan mengambil tindakan preventif atau bahkan pembubaran. Namun nantinya dalam waktu dekat pihaknya akan membuat surat edaran terkait apa yang menjadi larangan baik pasca maupun sesudah lebaran.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mura, Hj Suwarti bahwa ada beberapa keputusan yang menjadi hasil rapat koordinasi (Rakor) satgas penanganan Covid-19 diantaranya baik pasca maupun sesudah lebaran. Diantaranya, pertama setiap pintu masuk Desa akan dibuat posko untuk mencegah mobilisasi penduduk, kedua pelaksanaan sholat Id bisa dilakukan apabila khusus Desa yang statusnya zona hijau dan kuning serta larangan open house. (Kris)