Tulang Punggung dan Penggerak Ekonomi Daerah 

LATIH : Kegiatan pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Rabu (11/9). Foto : Istimewa.

UMKM Penggerak Ekononi Daerah

EMPAT LAWANG – Usaka mikro, kecil dan menengah merupakan tulang punggung dan pengerak ekonomi daerah  Hal ini disampaikan Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad melalui asisten III Qobal Antoni saat membuka pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Rabu (11/9).

Muat Lebih

Menurut Qobal pelatihan seperti merupakan bukti nyata berbagai pihak memperhatikan UMKM di Empat Lawang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, kata dia, konsen mengembangkan hal itu. “UMKM potensi yang sangat besar. Maka kita perlu meningkatkan produksi dan kreatifitas,” ujar Qobal.

Selanjutnya Qobal berharap, peserta pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan pihak Dinas Koperasi, UMKM Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Empat Lawang, ini diikuti dengan baik agar mendapat ilmu kewirausahaan yang mumpuni berdaya saing tinggi.  “Apalagi saya lihat peserta dan pelaku UMKM ini masih muda. Gunakan kesempatan dengan baik agar bisa berkembang lebihbmaju lagi,” imbuhnya.

Sementara, Kepala UPTD Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel, Wawan menjelaskan, pelatihan diikuti 40 orang, merupakan pelatihan yang ke 17 dari 24 agenda pelatihan di Sumsel.  Diharapkan juga pelatihan bisa menumbuh kembangkan kewirausahaan, sehingga kedepan bisa menghadapi situasi diluar yang lebih maju. Pasalnya keterampilan memperoduksi meskipun sudah bagus belum bisa memastikan bisa bersaing dengan pelaku usaha di luar sana.

“Persaingan di luar lebih ketat dan tidak ada batas lagi soal pengembangan baik media online maupun pemasaran lainnya. Makanya mativasi dari pemateri akan memberikan pelatihan agar bisa maju lagi karena dizaman sekarang harus mengetahui kondisi diluar dan wajib melek tekhnologi,” paparnya.

Lebih jauh Wawan menjelaskan, peserta yang mengikuti pelatihan ini diberikan sertfikat sehingga kedepan akan menjadi pengusaha pemula dan menjadi syarat pengajuan jika nanti ada bantuan wirausaha pemula. “Ikutilah dengan baik sehingga tuntas dan berhasil bukan berputus asa,” pungkasnya.(HS-05)