oleh

Tunggu Keputusan Arab Saudi, Keberangkatan Haji Belum Pasti

-Musi Rawas-155 Dibaca

Silampari Online 

MUSI RAWAS-  Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Rawas (Mura) tahun ini belum bisa memastikan adanya keberangkatan haji bagi para jamaah. Hal ini dikarenakan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.

“Sampai sekarang kami belum mendapatkan informasi dan kepastian dari Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021,”jelas Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Mura, H Hermadi melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Asror kepada Silampari Online, Senin (17/5/2021).

Kendati demikian pihak Kemenag Mura tetap melakukan persiapan menjelang musim haji 2021 meskipun penyelenggaraannya masih menunggu keputusan Kerajaan Arab Saudi.

“Kami tetap melakukan kegiatan persiapan dalam rangka pembinaan dan pelayanan kepada jamaah haji. Mengingat kegiatan operasional waktunya semakin dekat,”terangnya.

Menurut ia, sedikitnya ada 156 Jamaah haji Mura yang telah melakukan pelunasan. Dimana para calon jamaah haji tersebut adalah mereka yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 namun tahun lalu tidak jadi berangkat. Namun, dari jumlah tersebut jika melihat pembatasan kuota dari Arab Saudi ada kemungkinan tidak dapat berangkat secara keseluruhan, pasti akan ada pengurangan kuota.

“Saat ini Kemenag fokus menyusun skenario dengan kuota keberangkatan sebesar 30 persen, 25 persen, 20 persen, 10 persen, dan 5 persen, jadi skenario dengan kuota 100 persen dan 50 persen tidak memungkinkan karena waktu yang semakin mendesak,”paparnya.

Terlepas dari itu, perihal kuota ini sudah disampaikan kepada calon jamaah haji dan para calon jamaah haji sudah ikhlas menerima apapun keputusan Pemerintah, termasuk keputusan yang paling pahit sekalipun, yaitu misalnya tidak memberangkatkan haji tahun ini. (Musyanto)