Tunjuk SMPN 4 Terapkan Lighthouse School Program

Kabid PTK Rusli (kanan) bersalaman dengan Head of Corporate Affairs and Partner Relations Indra Yudhapratama Kusumah usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Disdikbud dan Yayasan Putera Sampoerna, Rabu (31/7) di SMPN 4 Lubuklinggau.

Silampari Online,

LUBUKLINGGAU-Kamis (31/8) bertempat di SMP Negeri 4 Lubuklinggau dilaksanakannya penandatanganan kerjasama antara dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau dan Yayasan Putera Sampoerna. Hadir diacara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lubuklinggau Tamri diwakili Kabid PTK Rusli Tribuana, Kasubag Perencanaan/PPTK M Riza, Head of Corporate Affairs and Partner Relations Indra Yudhapratama Kusumah, Program Development Manager Juliana. Kepala SMP Negeri 4 Lubuklinggau Erlinda,seluruh kepala SMP dan dewan guru SMPN 4.

Bacaan Lainnya

Yayasan Putera Sampoerna disampaikan Head of Corporate Affairs and Partner Relations Indra Yudhapratama Kusumah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada SMPN 4 Lubuklinggau terpilih untuk menerapkan Lighthouse School Program.

“Melalui program yang akan dilaksanakan selama 3 tahun ini, SMPN 4 Lubuklinggau diharapkan dapat berkembang sesuai dengan potensi sekolah dengan mengintegrasikan nilai Lighthouse School sehingga menjadi keunggulan dan keunikan yang dapat menjadicontoh bagi sekolah lainnya,”kata Yuda.

Penandatanganan ini adalah untuk menindaklanjuti Nota Kesepahaman dengan Nomor 037/PSF-LG/10/18 dan Nomor 180/65/HK/2018 antara Walikota Lubuklinggau dan Putera Sampoerna Foundation yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 17 Oktober 2018.

Dijelaskannya, Lighthouse School Program merupakan program peningkatan kualitas sekolah secara intensif melalui pendekatan komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, yang didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM dan Bahasa Inggris dengan menerapkan praktik terbaik pembelajaran internasional. Program ini berfokus pada pengembangan profesional guru, peningkatan kualitas manajemen sekolah, peningkatan kapasitas siswa, dan pemberdayaan komunitas sekolah.

Program ini diawali dengan pre-survey untuk menentukan sekolah penerima manfaat, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan studi analisa kebutuhan untuk satu sekolah terpilih. Dari hasil studi analisa sekolah, maka sekolah yang terpilih adalah SMPN 4 Lubuklinggau.

“Dengan implementasi program di Kota Lubuklinggau, kami menargetkan bahwa dalam kurun waktu 3 tahun, SMPN 4 Lubuk Linggau dapat menjadi sekolah rujukan karena prestasi dan kualitasnya yang baik. Para guru juga diharapkan dapat terus membagikan pengalaman belajar dan mengajar mereka kepada guru lainnya sehingga akan mempercepat proses peningkatan kualitas pendidikan di Lubuklinggau,”ujarnya.

Sementara itu Kabid PTK Rusli mengucapkan terimakasih dengan adanya program Lighthouse School Program yang akan meningkatan kualitas pendidikan di Lubuklinggau. “Kita berharap kerjasama ini terus konsisten,”harapnya.

Kemudian Kepala SMPN 4 Lubuklinggau Erlinda ketika diwawancarai mengaku senang dan setuju adanya Lighthouse School Program. Diharapkan akan meningkatkan kualitas guru dan siswa lebih baik.

“Kita juga berharap dengan adanya kerjasama ini SMPN 4 kedepan akan lebih baik lagi dari sebelum sebelumnya,”terang Erlinda. Dalam kesempatan tersebut, Erlinda mengucapkan terimakasih kepada Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe atas bantuannya dalam bentuk program kerjasama dengan Yayasan Putera Sampoerna.

“Terimakasih juga kepada Disdikbud Lubuklinggau yang sudah banyak membantu selama ini,”pungkasnya.(HS-03)