Ujian Berbasis Android

Silampari Online

LUBUKLINGGAU – SMA Negeri 1 Lubuklinggau mempunyai program baru dengan cara ulangan harian menggunakan gadget bagi pelajarnya.

Muat Lebih

Prinsip dasar dari ulangan harian menggunakan gadget ini sama halnya dengan UNBK yang mana ulangan harian ini hanya memindahkan tampilan layar komputer ke layar android atau ke smart phone.

“Kalau untuk tampilan dilayar android sama persis dengan tampilan yang ada di komputer,” kata Kepala SMA Negeri 1 Lubuklinggau Zulkarnain diwakili Waka Kurikulum Marsudi saat diwawancara Harian Silampari, Selasa(8/10).

Jadi kalau memakai android ini lebih murah dibandingkan memakai komputer karena kalau menggunakan komputer pihak sekolah harus menyediakan komputer yang banyak terus pembiayan listrik yang besar, kalau andorid tidak ada masalah.

“Cuman layar nya lebih kecil dari pada komputer, tetapi masih bisa dibaca,”ujarnya.

Untuk posisinya soal di layar android itu touch screen dengan layar horizontal bukan vertikal, jadi dengan layar yang horizontal layarnya bisa jadi lebih besar, tetapi tergantung dari smart phone pelajarnya.

“Tetapi secara umum smart phone yang digunakan oleh pelajar zaman sekarang sudah bagus-bagus semua,”jelasnya.

Kalau untuk simulasinya kemarin secara teknis ulangan menggunakan gadget ini sudah baik dari pihak penyelenggara programnya. Cuma untuk ulangan menggunakan gadget ini belum sosialisasi ke guru—guru.

“Ulangan menggunakan gadget akan diakses melalui aplikasi, yang mana aplikasi ini juga terintegrasi dengan web sekolah juga,”ungkapnya.

Aplikasi ini nanti akan berlaku untuk semua guru dan pelajar ketika ingin melaksanakan ulangan harian maupun ujian semester, tetapi pihak sekolah masih tetap menggunakan komputer yang ada di lab komputer.

“Sejauh simulasi yang berjalan tidak ada kendalanya. Tetapi pelaksanaannya dalam waktu dekat ini mungkin minggu depan atau minggu ini akan dilaksanakan, seandainya nanti sudah siap mungkin kedepannya bisa tahu bagaimana progresnya dan hasilnya. Sebenarnya aplikasi ini banyak kegunaanya contohnya seperti pelajar bisa langsung melihat hasil ujian dan nilai tersebut bisa dikumpulkan dalam satu data base,”jelasnya.

Adapun keuntungan bagi pihak sekolah, menggunakan aplikasi, dimana selama ini ulangan harian ydilaksanakan oleh guru masing-masing untuk mengumpulkan nilainya itu terkontrol agak susah, tetapi kedepannya nilai pelajar sudah langsung terkumpul dan data nya sudah masuk ke data base dan terintegrasi.

“Aplikasi ini bernama Ujian Berbasis Android (UBA) sama halnya dengan UNBK,”pungkasnya. (CW-01)