Upaya Mencegah Gangguan Jaringan

Silampari Online

MUSI RAWAS- Guna mengantisipasi terjadi pemadaman listrik, terutama diakibatkan angin kencang, PT PLN Rayon Muara Beliti menurunkan tim teknik giat tebas bayang sekaligus pemeliharaan jaringan listrik. Sehingga, dengan adanya upaya ini dapat mencegah listrik padam.

Muat Lebih

Hal ini disampaikan, Manager PT PLN Persero Wilayah Sumsel Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Area Lahat Rayon Muara Beliti, Zera Fitrizon kepada Harian Silampari, Selasa (8/10) diruang kerjanya.

Dijelaskannya bahwa, dari berbagai kendala dilapangan ditemukan terkait adanya gangguan padamnya listrik terjadi belakangan ini. Maka pihaknya langsung turun kelokasi melakukan pengecekan.
“Pemicu terjadinya pemadaman tidak lain disebabkan adanya ranting, maupun pepohonan tumbang menimpa jalur kabel jaringan listrik akibat angin kencang,”jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, sedikitnya ada tiga tim teknik bekerja melakukan giat tebas bayang di wilayah Kecamatan terdapat lokasi jalur kabel listrik di tutupi ranting dan pepohonan.
“Ketiga tim sendiri satu menyebar di wilayah Kecamatan Muara Beliti, TPK, BTS Ulu dan satu tim keliling wilayah kecamatan lainnya,”bebernya.

Selain itu, langkah antisipasi terus dilakukan. Akan tetapi, yang menjadi kendala di lapangan keterbatasan SDM di bandingkan luas wilayah hampir sebagian besarnya banyak terdapatnya titik lokasi jalur kabel listrik terhalang ranting pepohonan baik di kebun milik warga maupun perkebunan perusahaan.

“Hampir sama setiap tahunnya, kami terkendala keterbatasan SDM untuk menanggulangi gangungan pemadaman akibat pohon tumbang,”terangnya.

Menurutnya, pihaknya menginginkan Pemerintah Desa dan warga pemilik kebun untuk bisa bekerjasama membatu petugas di lapangan. Sebab, masih banyak kendala yang ditemukan, maka dari itu masih butuh dukungan Pemkab dan warga.

“Salah satu contoh, saat menjalankan tugas tebas bayang kiranya petugas kami diberikan izin, selain itu kami minta kepada warga apabila ada kejadian pohon roboh menimpa jaringan listrik secepatnya melapor agar bisa di tanggunglangi,”paparnya.

Terlepas dari itu, untuk pemeliharaan jaringan listrik pihaknya telah rutin melakukan pemeliharaan jaringan listrik. Bahkan, baru-baru ini, tim telah melakukan pergantian kabel dengan kabel bungkus mulai dari sepanjang wilayah Kecamatan Muara Beliti, sampai dengan Kecamatan Jayaloka. (HS-03)