oleh

Usut Dugaan Korupsi DD Tahun 2017

-Tak Berkategori-224 Dibaca

Silampari Online, 
REJANG LEBONG – Polres Rejang Lebong (RL) kembali melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi yang baru tahun 2018 ini. Salah satunya dugaan korupsi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) sumber APBD dan Dana Desa (DD) sumber APBN di Desa Air Mundu Kecamatan Bermani Ulu (BU) tahun anggaran (TA) 2017.
Dimana untuk ADD Desa Air Mundu TA 2017 lalu nilainya mencapai Rp 700 juta dan DD nilainya mencapai Rp 200 juta. Penyelidikan dilakukan terutama untuk realisais pembangunan jalan rabat beton, jembatan, plat decker dan pembanguna jalan lapen. Dari penyelidikan, diduga ada markup dalam pembelian bahan baku material.
Kapolres Rejang Lebong AKBP Ordiva, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qhomar, SH, S.IK, MM mencontohkan, seperti aspal yang diduga hanya menggunakan satu drum untuk jalan sepanjang 500 meter. Serta beberapa pembelian material lainnya yang diduga dilakukan upaya markup oleh pengelola.
“ Awal mulanya kita mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dugaan penyelewengan ADD dan DD di desa tersebut. Sehingga kita tindaklanjuti dengan melakukan puldata dan pulbaket. Dan sekarang statusnya sudah naik menjadi proses penyelidikan dan secepatnya kita tingkatkan ke penyidikan,Papar Chusnul.
Dikatakan Chusnul, dalam proses penyelidikan yang mereka lakukan, sudah ada 9 orang yang dimintai keterangan klarifikasi. Termasuk perangkat desa, anggota BPD, suplayer material, termasuk panitia pelaksana pekerjaan. “Penyidik juga sudah melakukan pengecekan kelapangan langsung dan secara fisik memang sudah terlihat adanya dugaan penyimpangan dari beberapa pembangunan yang dilakukan oleh pengelolah desa air mundu “ sambung Chusnul
Pekerjaan itu, lanjutnya, secara kasat mata diduga terjadi penyimpangan atau tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dengan kualitas seadanya. Namun, untuk kepastian fisik, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan tim ahli teknik termasuk nantinya akan berkoordinasi dengan BPKP.
Data terhimpun Alokasi Dana Desa Air mundu kecamaran Bermani Ulu tahun anggaran 2017 senilai Rp 720 juta digunakan warga untuk pembangunan jalan lapisan penetrasi sepanjang 504 meter dan jalan Beton rabat 400 meter.(HS-05)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Harian Silampari merupakan nama daerah di Bumi Silampari yang memiliki tiga wilayah satu kota dan dua kabupaten di provinsi Sumsel