oleh

Utamakan Prokes, Misa Natal di Gereja ST Paulus Khidmat

-Musi Rawas-240 Dibaca

Silampari Online 

MUSI RAWAS- Puluhan jemaat Gereja ST Paulus Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi melaksanakan Misa Natal, Jum’at (25/12) Sekitar Pukul 13.00 Wib dengan khidmat dan sukses. Bahkan, dalam pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Pantauan wartawan ini dilapangan, prokes Covid-19 sangat dijalankan dalam pelaksanaan misa natal. Dimana, sebelum melakukan misa setiap jemaat yang akan masuk ke gereja dilakukan cek suhu tubuhnya, mencuci tangan dan memakai masker.

Ketua Panitia perayaan Natal Gereja ST Paulus Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura), Suprehaten mengatakan, sebagaimanq himbauan tentang pelaksanaan Natal 2020 agar memperhatikan Prokes baik yang berasal dari Pemerintah ataupun dari Keuskupan Agung Palembang. Sehingga, dengan kondisi ini maka acara dibuat sedemikian rupa dan penuh dengan kesederhanaan.

Dikatakannya, gambaran kehidupan yang dihadapi oleh setiap kita maka dituangkan dalam bentuk liturgi yang mengingatkan mulai pesan dari anak-anak hingga orang tua. Meskipun ada banyak keadaan yang silih berganti mulai meleewati ekonomi, sekolah hingga aktivitas tidak seperti biasa supaya jangan takut dan harus tetap yakin penyertaan tuhan sempurna atas umat Nya.

Menurut ia, acara perayaan natal dimulai sejak malam dengan kegiatan ibadah seperti biasa, tetapi untuk malam hari tidak dihadiri pastor melainkan hanya warga masyarakat.

Terlepas dari itu, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk keamanan perayaan natal dan tahun baru mulai dari TNI, Polri, sejumlah organisasi kepemudaan, dan seluruh masyarakat Desa Beliti Jaya.

“Mari tetap kita jaga keharmonisan,”ucapnya.

Sedangkan, Khotbah yang disampaikan oleh Pastor Bernandus Chandra SCJ yang terambil dari Yohanes 1:14 yaitu Firman yang menjadi manusia dan diantara kita dan kita telah melihat kemuliaannya yaitu kemuliaan yang diberikan kepadanya sebagai anak Tunggal Bapa yang penuh kemuliaan dan Kebenaran.

Kemudian, sebagaimana inti pesan Firman Tuhan yang disampaikan diantaranya marilah kita meneladani karya allah dalam kehidupan kita setiap saat, marilah kita membangun hubungan kita dengan allah lebih baik, marilah kita menjaga hubungan kita satu dengan yang lain sebagai umatnya dan terakhir marilah kita bangun hubungan kita dimanapun kita berada.

“Mudah mudahan makna mlnatal ini bukan sekedar perayaan natal biasa, tetapi marilah kita bersama segala apa yang terjadi pada masa pandemi ini yang menjadi doa kita. Sehingga ditahun berikutnya kita boleh beraktifitas dengan baik,”pungkasnya. (Musyanto)