Wabup Inspekturi Upacara Hari Pahlawan

UPACARA : Suasana upacara peringatan Hari Pahlawan, di lapangan Pemkab Empat Lawang, Minggu (10/11). Foto : Diah Anggraini/HS.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Upacara peringatan hari Pahlawan di lingkungan Pemkab Empat Lawang, Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana bertindak sebagai Inspektur upacara, Minggu (10/11).

Dalam upacara yang yang dikomandoi Ipda Suparna dari Polres Empat Lawang, dihadiri Kasdim 0405/Lahat Mayor Inf Agusalim, Wakapolres Empat Lawang Kompol Dwi Utomo, Kalapas Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin, Kepala OPD dalam jajaran Pemkab Empat Lawang, Danramil jajaran di Empat Lawang dan Veteran pejuang 45 serta ratusn peserta upacara dari kalangan TNI, Polri, Tagana, Pelajar, PNS dan peserta upacara lainnya.

Muat Lebih

Dalam amanatnya selaku Inspektur upacara, Wakil Bupati Empat Lawang menyampaikan, pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di seluruh Negeri, melaksanakan upacara dan mengheningkan cipta serentak selama 60 detik dalan rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2019.

“Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia,” sampainya.

Pada pertempuran tersebut lanjut dia, rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. “Hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolon sesama yang membutuhkan,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikanhya, semua orang dapat menjadi Pahlawan dan dengan menjadikan diri sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

“Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (KHS-05)

Penulis : Diah Anggraini
Redaktur : Agus Hubya Handoyo