Wabup Kepahiang Ajak Masyarakat Bantu Anak-anak Thalasemia

SAMPAIKAN : Wakil Bupati Kepahiang, Neti Herawati SSos saat menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat membantu anak-anak penderita Thalasemia, Selasa (30/6/2020). Foto : Darul Qutni/Silampari Online.

SILAMPARI ONLINE, KEPAHIANG – Sebanyak 13 anak di Kabupaten Kepahiang, menderita Thalasemia atau kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

Wakil Bupati (Wabup) Kepahiang, Neti Herawati SSos mengatakan, dalam rangka membantu anak anak Thalasemia, tidak cukup peranan pemerintah dan Ikatan Keluarga Anggota Dewan (IIKAD) saja, namun juga diharapkan partisipasi masyatakat, apalagi anak-anak tersebut kehidupannya tergantung dari transfusi darah setiap bulannya.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, Wabup mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu menyumbangkan darah bagi anak-anak tersebut.

Diapun memaparkan, kebutuhan anak-anak penderita Thalasemia di Kabupaten Kepahiang terhadap transfusi darah antara lain, pad 8 Juli mendatang, butuh darah golongan A sebanyak 2 kantong, pada 11 Juli butuh darah golongan AB sebanyak 3 Kantong dan 12 Juli mendatang dibutuhkan darah golongan A sebanyak 2 Kantong .

“Anak-anak tersebut sudah stand-by di Rumah Sakit Umum Daerah Kepahiang,” ujar Wabup Neti.

Lebih lanjut Wabup Neti menambahkan, untuk saat ini dia mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kepahiang, untuk bergotong royong membantu anak-anak penderita Thalasemia, mengisi stock darah di Bank Darah yang ada di RSUD Kabupaten Kepahiang.

Diinformasikan, bagi masyarakat di Kabupaten Kepahiang yang bersedia menyumbangkan darahnya, tentu dapat menghubungi kontak person (hp), antara lain Astri dinomor +6285382568888, Reka +6282111738555 dan Neti Herawati dinomor +6285267240366. (drl)