Wadah Pertukaran Inovasi di Desa

BURSA : Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Empat Lawang, Kamis (12/9/2019). Foto : Istimewa.

SILAMPARI ONLINE, EMPAT LAWANG – Adanya Bursa Inovasi desa diharapkan bisa menjadi wadah pertukaran inisiatif dan inovasi di setiap desa agar bisa tersebar dan bermanfaat serta bisa ditiru.

“Kita menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa yang diikuti oleh tiga kecamatan yaitu Tebing Tinggi, Talang Padang dan Saling. Diharapkan forum BID ini bisa menjadi penyebaran dan pertukaran inisiatif inovasi dari masyarakat desa di ruang lingkup Kabupaten Empat Lawang,” kata Ketua Pelaksana Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster 1 Kabupaten Empat Lawang, Wedi Herliansyah, Kamis (12/9/2019).

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga bermaksud untuk menjembati kebutuhan pemerintah desa akan solusi penyelesaian masalah penggunaan dana desa yang terarah dan inovatif.

“BID ini bermaksud untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa yang lebih efektif,” jelasnya.

Nanti lanjutnya, dari hasil BID akan terbangunlah yang namanya komitmen dari pemerintah desa untuk di terapkan didesanya masing-masing agar bisa membantu mensejahterakan masyarakat.

Sementara, Tenaga Ahli Kabupaten Empat Lawang, Candra, mengharapakan setiap desa berkomitmen untuk mempertanggungjawabkan kegiatannya kepada masyarakat.

“Harapan kami komitmen para kades dan pemerintah desanya nanti bisa di terapkan pada desa baik di bidang infrasteuktur, kewirausahaan dan pengembangan sumber daya manusia,” tandasnya. (HS-05)