Wakil Bupati Banyuasin Buka Forum Konsultasi Publik Penyusunan RKPD 2021

Dalam Rangka penyusunan RKPD tahun 2021, Pemkab Ketapang menggelar Forum Konsultasi Publik yang dibuka Langsung Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH bersama seluruh pemangku kepentingan dari pimpinan OPD Kabupaten Banyuasin. Acara ini diselenggarakan di Gedung Auditorium Pemkab, Senin (2/3/2020).

SILAMPARI ONLINE,

PANGKALAN BALAI — Dalam Rangka penyusunan RKPD tahun 2021, Pemkab Ketapang menggelar Forum Konsultasi Publik yang dibuka Langsung Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH bersama seluruh pemangku kepentingan dari pimpinan OPD Kabupaten Banyuasin. Acara ini diselenggarakan di Gedung Auditorium Pemkab, Senin (2/3).

Bacaan Lainnya

Konsultasi publik merupakan instrumen kunci dalam proses pengaturan (regulatory process). Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi, efisiensi dan efektifitas dari peraturan dan meningkatkan akuntabilitas.

Wabup Slamet mengatakan konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Banyuasin Tahun 2021 merupakan tahapan yang harus dilalui sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 90 tahun 2019. Tentang klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur perencanaan pengembangan dan keuangan daerah yang penerapannya Secara nasional dimulai pada pelaksanaan RKPD pada tahun 2021 mendatang melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2021 ini diharapkan menjadi wadah dalam melakukan verifikasi bantara Program/kegiatan yang telah menjadi kesepakatan dalam musyawarah dalam musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbangcam) yang telah dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di kabupaten Banyuasin”, katanya.

Lebih lanjut wabup Slamet menambahkan RKPD 2021 disusun sesuai tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan” Yang didasarkan pada upaya mengatasi isu strategis pada RPJMD Kabupaten Banyuasin Tahun 2018-2023 yakni
1. Kemiskinan dan pelayanan dasar
2. Peningkatan Produksi Berkelanjutan
3. Infrastruktur
4. Lingkungan dan Tanggap Darurat Bencana
5. Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial
6. Pemerintah yang efektif, Akuntabel, dan Tranparan
7.Pengembangan Sosial Budaya dan Olahraga.

“Oleh karena itu kepada para peserta Forum Konsultasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar dapat berpartisipasi Aktif dan kepada Narasumber dari Bappeda Provinsi Sumsel dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuasin kami Ucapkan terimakasih” Tutupnya.

Turut Hadir Kepala Bappeda Provinsi Sumsel diwakili Kabid PKK Joni Awaludin, SE., MT., MA, Unsur Forkopimda Banyuasin, Kepala BPS Banyuasin Edi Subeno, SE, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalan Balai Ahmad Suhermanto, SE., MM, dan Tokoh Masyarakat. (Heri/Dinkominfo)