Wako Hadiri Penyampaian Hasil Evaluasi Wilayah I

Kegiatan KemenPAN RB

SILAMPARI ONLINE

BATAM-
Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menghadiri kegiatan Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Wilayah I Tahun 2019, Kamis (07/11/2019). Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Hotel Aston Kota Batam Kepulauan Riau tersebut dihadiri langsung Menteri PAN RB RI, Tjahjo Kumolo.

Muat Lebih

Dalam sambutannya, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menerangkan instrumen yang digunakan untuk evaluasi mengacu pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Dalam peraturan itu, ada enam aspek yang dinilai, yakni profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi, pengaduan, dan inovasi.

Dari hasil evaluasi tersebut, Tjahjo memberikan beberapa hal yang perlu dicatat. Diantaranya pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan, khususnya penyusunan standar pelayanan. Kemudian, unit pelayanan juga harus mengelola pengaduan untuk perbaikan kualitas pelayanan publik dan pendokumentasian kegiatan yang dilakukan.

“Unit juga harus melaksanakan survei kepuasan masyarakat dan menindaklanjuti survei,” katanya.

Tjahjo juga mengajak pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota untuk terus meningkatkan pelayanan publik serta menciptakan inovasi pelayanan publik yang memudahkan masyarakat. “Saya ucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang konsisten dan komitmen meningkatkan pelayanan publik melalui OPD-nya, ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan,” ujarnya. (*)

*Sumber Kominfo Lubuklinggau